ADVERTISEMENT
Pasaman BaratSumatera Barat

Wabup Pasbar Lantik Bamus Nagari Lembah Binuang Aua Kuniang

92
×

Wabup Pasbar Lantik Bamus Nagari Lembah Binuang Aua Kuniang

Sebarkan artikel ini
Wabup Pasbar Lantik Bamus Nagari Lembah Binuang Aua Kuniang
Wabup Pasbar, Risnawanto Lantik Bamus Nagari Lembah Binuang Aua Kuniang. (f/kominfo)

Mjnews.id – Wakil Bupati Risnawanto lantik Bamus Nagari Lembah Binuang Aua Kuniang, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Senin (5/6/2023). Risnawanto menegaskan bahwa Bamus harus memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang diemban.

Wakil Bupati Risnawanto menjelaskan bahwa dalam Undang-Undang sudah dijelaskan tentang tugas Bamus untuk menggali, menampung, mengelola, serta menyalurkan aspirasi masyarakat.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Selain itu, lanjutnya Bamus memiliki tugas menyelenggarakan musyawarah nagari, membentuk panitia pemilihan Wali Nagari, menyelenggarakan musyawarah nagari khusus untuk pemilihan Wali Nagari antar waktu, membahas dan menyepakati rancangan Peraturan Nagari bersama Wali Nagari. Melaksanakan pengawasan terhadap kinerja Wali Nagari, melakukan evaluasi laporan keterangan penyelenggaraan Pemerintahan Nagari, menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan Pemerintah Nagari dan lembaga Nagari lainnya.

Baca Juga  Bupati Pasbar Lantik Bamus Nagari Langgam Sepakat dan Bancah Kariang, Kinali

“Jadi, tugas-tugas Bamus itu harus dipahami dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya di nagari. Sehingga tujuan utama kita dalam melakukan pemekaran nagari yang sudah bertahun-tahun kita usahakan itu berhasil. Karena, tujuan utama dari pemekaran nagari itu adalah mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Jika nagari sudah seperti sekarang ini, maka diharapkan semua masyarakat terlayani dengan baik. Semua permasalahan yang muncul bisa secepatnya diselesaikan. Mulai dari masalah pembangunan hingga masalah kesejahteraan masyarakat,” kata Risnawanto.

Baca Juga  Wabup Pasbar Lantik Bamus Nagari Lubuak Landur Aua Kuniang

Adapun anggota Bamus yang dilantik periode 2023-2029 adalah Hendrifan, Peliza Candra, Sri Karni, Zulmi Jumari, dan Sartoni.

Hadir dalam pelantikan Bamus tersebut, anggota DPRD Pasbar, Staf Ahli, Kepala OPD dan stakeholder terkait lainnya.

(wal)