Sumatera Barat

Bupati Pasbar Lantik Bamus Nagari Sungai Aua, Salingka Muaro, Ranah Malintang dan Nagari Ranah Air Haji

118
×

Bupati Pasbar Lantik Bamus Nagari Sungai Aua, Salingka Muaro, Ranah Malintang dan Nagari Ranah Air Haji

Sebarkan artikel ini
Pelantikan Bamus Nagari Sungai Aua, Salingka Muaro, Ranah Malintang dan Nagari Ranah Air Haji
Pelantikan Bamus Nagari Sungai Aua, Salingka Muaro, Ranah Malintang dan Nagari Ranah Air Haji. (f/kominfo)

Mjnews.id – Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Hamsuardi melantik Badan Permusyawaratan (Bamus) Nagari Sungai Aua, Nagari Salingka Muaro, Nagari Ranah Malintang, dan Nagari Ranah Air Haji, Kecamatan Sungai Aur, Senin (12/6/2023).

Bupati didampingi Ketua TP.PKK Pasbar, Ny. Titi Hamsuardi, Perwakilan DPMN, Camat Sungai Aur, Unsur Forkopimca Sungai Aur dan stakeholder terkait.

Hamsuardi pada kesempatan itu mengucapkan selamat, kepada anggota Bamus yang dilantik. Ia mengungkapkan pentingnya peran Bamus dalam suatu nagari dan harus dibarengi dengan semangat pantang menyerah, menjaga kekompakan, berinovasi, berupaya meningkatkan pendapatan nagari, membina generasi muda, menjadi teladan bagi masyarakat, dan lain sebagainya.

“Kembangkan wisata Sampuran Botung, dikelola nagari bersama dengan masyarakat setempat. Buatlah terobosan dalam meningkatkan pendapatan nagari,” jelasnya.

Bupati Hamsuardi juga menyampaikan program unggulan Pemda Pasbar, yang harus didukung oleh anggota Bamus Kecamatan Sungai Aur dan masyarakat Pasbar. Program unggulan tersebut diantaranya Magrib Mengaji, Tahfidz Al-Qur’an, dan Berobat Gratis. Ia berharap, 20 hingga 30 tahun kedepan masyarakat Pasbar menjadi penghafal Al-Qur’an.

Bupati Hamsuardi juga berharap, Bamus dan perangkat nagari di Kecamatan Sungai Aur itu gencar mensosialisasikan program berobat gratis dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat Pasbar.

“Banyak permasalahan yang terjadi di masyarakat seperti kenakalan remaja yang disertai kebiasaan buruknya, laju inflasi yang harus dikendalikan dengan memelihara ayam seperti di Nagari Aia Gadang, menanam bawang, cabai dan sayur mayur. Permasalahan yang terjadi di masyarakat tersebut terutama pada diri individunya dapat diupayakan diantaranya dengan meningkatkan ukhuwah islamiyah serta mendekatkan diri kepada Allah SWT,” tambah Bupati Hamsuardi.

Di akhir kegiatan, Bupati Hamsuardi bersama stakeholder terkait memberikan ucapan selamat kepada anggota Bamus Kecamatan Sungai Aur yang telah dilantik, diantaranya Yosef Abrar (Keterwakilan Wilayah Sungai Aua), Alwi (Keterwakilan Wilayah Sungai Aua), Harun Zen (Keterwakilan Wilayah Sungai Aua), Yosef Namora (Keterwakilan Wilayah Sungai Aua), dan Putri Solfi Sari (Keterwakilan Perempuan).

Sementara Bamus Nagari Salingka Muaro Periode 2023-2029 yang dilantik adalah Samsul Hadi (Keterwakilan Wilayah Padang Timbalun), Irawadi (Keterwakilan Wilayah Situmang), Sholihan (Keterwakilan Wilayah Tombang Padang Hilir), Marlina (Keterwakilan Perempuan), dan Adha (Keterwakilan Bamus Induk).

Sedangkan Bamus Nagari Ranah Malintang periode 2023-2029 yang dilantik pada kesempatan itu Ahmad Afif (Keterwakilan Wilayah I Pematang Sontang), Harizon (Keterwakilan Wilayah II Simpang Gadang), Ahmad Zikri (Keterwakilan Wilayah III Sarasah Betung), Fitria Hilda (Keterwakilan Perempuan) dan Abizar (Keterwakilan Bamus Induk).

Bamus Nagari Ranah Air Haji periode 2023-2029 yang dilantik yaitu Yandri Hadi (Keterwakilan Bamus Mutasi Nagari Induk), Adi Rahmad (Keterwakilan Tokoh Adat), Neni Triana (Keterwakilan Keterwakilan Perempuan/ Bundo Kanduang), Bais (Keterwakilan Tokoh Masyarakat, dan Arief Rahman (Keterwakilan Tokoh Masyarakat).

(wal)

Kami Hadir di Google News