Dukcapil Serahkan Dokumen Kependudukan Anak, Pelajar dan Napi di Karawang

Dukcapil Serahkan Dokumen Kependudukan Anak, Pelajar dan Napi di Karawang, Jawa Barat
Dukcapil Serahkan Dokumen Kependudukan Anak, Pelajar dan Napi di Karawang, Jawa Barat. (f/humas dukcapil)

Mjnews.id – Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri bersama Dinas Dukcapil Karawang menyerahkan KIA (Kartu Identitas Anak) untuk para pelajar kabupaten berjuluk “Lumbung Padi” itu. Selain itu pula diserahkan KTP-el untuk para warga binaan (Lapas) Karawang di Kantor Dinas Dukcapil Karawang, Jawa Barat, Rabu (10/5/2023).

Hadir dalam acara tersebut, Dirjen Dukcapil Kemendagri Teguh Setyabudi, Sesditjen Dukcapil Hani Syopiar Rustam, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, Plt Kadis Dukcapil Provinsi Jawa Barat Indrastuti Chandra Dewi, Kadis Dukcapil Karawang Bambang Susetyo, Kepala Lapas Kelas IIA Karawang Lenggono Budi, Forkopimda dan sejumlah tamu undangan lain beserta para penerima dokumen kependudukan.

Dalam kesempatan tersebut, Teguh menyampaikan pentingnya memenuhi hak masyarakat untuk tercatat dan memiliki berbagai dokumen kependudukan. Ini penting agar masyarakat mudah mengakses berbagai layanan publik lainnya dari negara.

“Dukcapil menjadi basis layanan publik, sekaligus tulang punggung segala layanan digital pemerintah dan swasta. Ini langkah awal yang terus kami galakkan sebagai sarana memuluskan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) yang dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo,” tutur Teguh menjelaskan.

Selaras dengan itu, Mendagri Tito Karnavian memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang sudah sangat responsif melayani masyarakat. “Berbagai inovasi yang Kemendagri lakukan semata-mata untuk mendukung program Bapak Presiden, yaitu reformasi birokrasi dan kemudahan investasi melalui kemudahan pengurusan dokumen kependudukan secara elektronik,” kata Mendagri.

Baca Juga  Mendagri Minta Kepala Daerah Gelar Rakor Bahas Persoalan Komoditas Jelang Lebaran

Menyambut pesan Teguh, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana memastikan bahwa pihaknya beserta seluruh jajaran akan terus mengupayakan pelayanan administrasi kependudukan dengan prima.

“Sebagaimana pesan pemerintah pusat dan Presiden Jokowi juga pernah mengingatkan bahwa pelayanan publik harus prima. Keberadaan pemerintah harus dirasakan dengan baik oleh masyarakat,” kata Cellica.

(rel)

Baca berita Mjnews.id lainnya di Google News

ADVERTISEMENT


ADVERTISEMENT