BeritaJawa TengahPurworejo

Polres Purworejo Libatkan 386 Personel dalam Pengamanan Lebaran

29
×

Polres Purworejo Libatkan 386 Personel dalam Pengamanan Lebaran

Sebarkan artikel ini
Kapolres Purworejo AKBP, Eko Sunaryo
Kapolres Purworejo AKBP, Eko Sunaryo. (f/humas)

Mjnews.id – Alun-alun Purworejo jadi lokasi apel gelar pasukan Ops Ketupat Candi tahun 2024 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah dengan tema “Mudik Aman, Ceria, Penuh Makna”, Kamis 4 April 2024.

Gelar Pasukan dipimpin oleh Tiga Pilar yaitu Bupati Purworejo, diwakili oleh Penjabat Sekretaris Daerah R. Achmad Kurniawan Kadir, Kapolres Purworejo AKBP, Eko Sunaryo, dan Komandan Kodim 0708 Purworejo, Letkol Inf. Yohanes Heru Wibowo.

Kapolres Purworejo mengatakan, apel gelar pasukan ini sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat candi 2024 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1445 H baik untuk kesiapan personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait.

“Operasi Ketupat Candi tahun 2024 akan berlangsung selama 13 hari yaitu mulai sejak 4 hingga 16 April 2024” jelas Kapolres Purworejo.

Dalam operasi tahun ini telah dipersiapkan 5.784 pos untuk seluruh Indonesia, yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu.

Utamanya pada jalur-jalur rawan kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian.

“Khusus di Kabupaten Purworejo, Polres melibatkan 386 personel dan telah mendirikan 2 pos pengamanan, 2 pos pelayanan, 1 pos terpadu, 1 pos sinergitas TNI-POLRI, 1 pos perbatasan dan 6 titik strong point yang telah kami siapkan untuk membantu masyarakat yang melaksanakan mudik Lebaran,” tambah Kapolres di hadapan media.

Kapolres AKBP Eko Sunaryo berharap Operasi Ketupat Candi 2024 bisa berjalan dengan baik sehingga dapat memastikan kelancaran hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah serta mewujudkan mudik yang aman dan berkesan begitu pula pada saat arus balik.

“Untuk anggota dalam melaksanakan tugas harus mengedepankan langkah-langkah humanis dan pedomani SOP agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan presisi sebagaimana harapan masyarakat,” tegas Kapolres.

Setelah selesai apel gelar pasukan dilanjutkan pelaksanaan pemusnahan miras (minuman keras) dan knalpot brong hasil operasi cipta kondisi kewilayahan jelang lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah.

Sesuai berita acara pemusnahan, tercatat ada 3.725 botol minuman keras dari berbagai macam jenis dan 1.250 buah knalpot brong.

Kapolres menambahkan, kondisi keamanan di Kabupaten Purworejo maupun di luar harus menjadi acuan bersama untuk tetap siaga dalam hubungan persahabatan, siaga dalam pergaulan, siaga dalam keluarga dan siaga dalam masyarakat dan lingkungan dimana kita berada.

“Sebab keamanan dan kenyamanan merupakan tanggungjawab kita bersama, agar keamanan dan kenyamanan dapat dinikmati bersama pula,” tutup Kapolres.

(fix)

Kami Hadir di Google News