Pesisir BaratLampung

Pengawasan P4GN, Rutan Kelas IIB Krui Jalin Sinergitas Bersama BNN Kabupaten Tanggamus

103
×

Pengawasan P4GN, Rutan Kelas IIB Krui Jalin Sinergitas Bersama BNN Kabupaten Tanggamus

Sebarkan artikel ini
Rutan Kelas IIB Krui Jalin Sinergitas Bersama BNN Kabupaten Tanggamus
Rutan Kelas IIB Krui Jalin Sinergitas Bersama BNN Kabupaten Tanggamus. (f/ist)

Mjnews.id – Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Krui, Kabupaten Pesisir Barat menjalin komunikasi, koordinasi dan kolaborasi bersama Badan Narkotika Nasional Kabupaten Tanggamus.

Hal itu dalam rangka mewujudkan empat strategi kiprah krusial Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) tahun 2023.

Ketua tim BNN Tanggamus, Adhi Pratama bersama enam anggota berkunjung di Rutan Kelas IIB Krui yang disambut langsung Kepala Rutan M. Hendra Ibmansyah, S.H., M.H. didampingi KPR Jonli Oswan, S.H beserta jajarannya, Senin (4/9/2023).

Pertemuan bermula dengan diadakan razia kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) oleh tim didampingi oleh jajaran regu pengamanan dan petugas Rutan Krui.

Penggeledahan diawali dari Blok Tuhuk yang dilaksanakan secara detail. Dalam razia tersebut ditemukan barang terlarang berupa: 1 buah Korek, 2 buah Kaleng, 8 Patahan sikat gigi, 4 Pulpen, dan belasan tali temali.

Usai razia kamar hunian seluruh warga binaan berkumpul di halaman rutan untuk diberikan penyuluhan P4GN oleh analis penyuluhan dan layanan informasi, Susan Ayuningtyas, S.KM.

Dalam penyampaiannya, Susan Ayuningtias menyampaikan pengertian jenis dan golongan serta bahaya Narkoba “Negara Indonesia adalah Negara Hukum, karena itu narkoba dilarang di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Susan menambahkan, bagi WBP Rutan Kelas IIB Krui masih memiliki ruang dan waktu agar dapat memperbaiki diri melalui rehabilitasi sehingga dapat pulih kembali.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengambilan urine oleh tim BNN bekerjasama dengan Dokter Rutan Krui terhadap 15 WBP yang dipilih secara acak sebagai bentuk deteksi dini penyalahgunaan narkoba hasil dinyatakan negatif dari indikasi penyalahgunaan narkoba.

Selanjutnya Pemberian penyuluhan P4GN kepada seluruh petugas Rutan Kelas IIB Krui oleh Karutan M. Hendra Ibmansyah “Saya berharap dengan adanya kegiatan penyuluhan ini dapat meningkatkan pemahaman bahaya narkotika”. pukas Karutan

Susan Ayuningtyas menjelaskan strategi BNN dalam upaya pencegahan penyalahgunaan barkotika.

“Strategi-strategi BNN yaitu Soft power approach melalui pencegahan, pemberdayaan masyarakat, dan rehabilitasi, hard power approach melalui pemberantasan, kemudian smart power approach dengan penggunaan kecanggihan teknologi informasi dan cooperation dengan bekerjasama dengan banyak lintas sektor sehingga program dapat berjalan dengan efektif,” papar Susan.

Acara ditutup dengan pemeriksaan tes urine kepada petugas Rutan Krui dengan hasil negatif indikasi penggunaan narkoba.

(Azr)

Kami Hadir di Google News