Sumatera Barat

Jadi Narasumber Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan Rumah di Nagari Aia Gadang, Ini Kata Ny Titi

116
×

Jadi Narasumber Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan Rumah di Nagari Aia Gadang, Ini Kata Ny Titi

Sebarkan artikel ini
Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan Rumah di Nagari Aia Gadang
Ketua TP.PKK Pasaman Barat, Ny. Titi Hamsuardi saat Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan Rumah di Nagari Aia Gadang. (f/kominfo)

Mjnews.id – Pemanfaatan lahan pekarangan rumah memiliki manfaat untuk menguatkan ketahanan pangan keluarga dengan kemandirian pangan dan gizi keluarga, percepatan penurunan angka stunting, sebagai sumber tambahan keluarga, serta menciptakan lahan yang asri yang bisa dijadikan sebagai kawasan pembelajaran.

Hal ini disampaikan Ketua TP.PKK Pasaman Barat, Ny. Titi Hamsuardi saat hadir menjadi narasumber pada kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan Rumah yang digelar di Aula Kantor Wali Nagari Aia Gadang, Kamis (10/8/2023).

ADVERTISEMENT

banner pemkab muba

“Pekarangan rumah dapat dimanfaatkan secara optimal sehingga meningkatkan produktivitasnya. Pemanfaatan lahan pekarangan rumah sangat penting dilakukan masyarakat karena banyak memberikan manfaat bagi kehidupan keluarga seperti sumber pangan dan juga sebagai sumber pendapatan. Pekarangan yang ditanami dengan sayuran, obat obatan tradisonal memberikan kontribusi yang cukup besar dalam usaha mencukupi kebutuhan gizi keluarga,” jelas Ny. Titi Hamsuardi.

Dalam pemanfaatan pekarangan, masyarakat juga diminta untuk memperhatikan kebutuhan pangan sehari-hari sehingga kebutuhan akan pangan dapat tercukupi.

“Ketahanan pangan bukan hanya tentang kecukupan pangan, tetapi juga tentang kemampuan untuk menggunakan sumber yang ada,” ujarnya.

Program pemanfaatan lahan rumah atau ‘Aku Hatinya PKK’ yang merupakan singkatan dari Amalkan dan Kukuhkan Halaman Tertib, Indah dan Nyaman. Program Aku Hatinya yang dilaksanakan para Kader PKK di setiap wilayah merupakan Program Pokja III dalam bidang pangan, sandang, dan perumahan dan tata laksanakan rumah tangga.

“Diharapkan kepada masyarakat yang hadir dalam sosialisasi ini dapat menggerakkan masyarakat lain untuk memanfaatkan pekarangan sesuai kebutuhan pangan masing-masing agar mengurangi pengeluaran. Masing-masing rumah tangga harus memanfaatkan pekarangan rumah, berikan inovasi menggunakan barang bekas yang dapat dijadikan wadah tanam sehingga apabila lahan pekarangan kecil dapat dijadikan sebagai tempat tanam,” ajaknya.

Sementara itu, Wali Nagari Aia Gadang Saiful menyampaikan sosialisasi ini dilakukan untuk mengajak semua masyarakat Aia Gadang untuk memanfaatkan pekarangan rumah.

“Kami membuat sosialisasi ini karena menganggap ini penting untuk dilaksanakan oleh masyarakat karena dapat membantu mencukupi pangan keluarga, gizi keluarga serta pendapatan keluarga melalui pemanfaatan pekarangan yang ada. Bisa kita tanami kebutuhan sehari-hari di pekarangan rumah seperti cabai, sayur, serai, kunyit dan lainnya sehingga pengeluaran terhadap hal semacam ini dapat ditekan,” katanya.

Ia berharap sosialisasi ini bisa bermanfaat dan masyarakat dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari, karena hal ini dianjurkan oleh pemerintah demi meningkatkan ekonomi masyarakat.

(wal)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT