BlitarJawa Timur

Gus Tamim dan Bakesbangpol Jatim Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan: Penting untuk Menangkal Radikalisme

122
×

Gus Tamim dan Bakesbangpol Jatim Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan: Penting untuk Menangkal Radikalisme

Sebarkan artikel ini
Ahmad Tamim
Ahmad Tamim, SHi, MH (Gus Tamim)

Mjnews.id – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Timur menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan kepada guru dan kepala sekolah anggota LP Ma’arif NU Kabupaten Blitar pada Selasa (5/12/2023) di Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar.

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Ahmad Tamim, SHi, MH (Gus Tamim).

ADVERTISEMENT

banner pemkab muba

Dalam sambutannya, Kepala Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur Eddy Supriyanto yang dibacakan oleh perwakilannya, Andik Tri Cahyanto, S.STP mengatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memperkuat wawasan kebangsaan para guru dan kepala sekolah LP Ma’arif NU Blitar.

“Diharapkan para guru dan kepala sekolah LP Ma’arif NU ini dapat menangkal radikalisasi di kalangan anak-anak muda,” ujar Eddy.

Sementara itu, Gus Tamim dalam pemaparannya mengatakan bahwa radikalisasi merupakan ancaman serius bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, perlu ada upaya bersama untuk menangkalnya.

“Radikalisasi tidak hanya bicara bom, tetapi juga pemikiran dan perbuatan. Kita harus mengajarkan anak-anak kita tentang kebhinekaan dan pentingnya menghormati perbedaan,” kata Gus Tamim.

Gus Tamim juga menekankan pentingnya peran keluarga dalam menangkal radikalisasi.

“Keluarga merupakan garda terdepan dalam menjaga anak-anak dari pengaruh radikalisme. Oleh karena itu, orang tua harus berperan aktif dalam mendidik anak-anak mereka,” ujar Gus Tamim.

Pada akhir acara, Gus Tamim berharap agar sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang wawasan kebangsaan kepada para guru dan kepala sekolah LP Ma’arif NU Kabupaten Blitar.

Ditemui secara terpisah seusai acara, Kepala Bidang Ketahanan Ekonomi Sosial dan Budaya Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur Andik Tri Cahyanto, S.STP mengatakan bahwa sosialisasi wawasan kebangsaan ini sangat penting untuk dilakukan.

“Sosialisasi wawasan kebangsaan ini penting untuk dilakukan agar para guru dan kepala sekolah dapat memahami tentang pentingnya wawasan kebangsaan. Dengan pemahaman yang baik tentang wawasan kebangsaan, maka mereka dapat menjadi garda terdepan dalam menangkal radikalisasi,” ujar Andik.

Andik menambahkan bahwa Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur akan terus melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan kepada berbagai lapisan masyarakat.

“Kami akan terus melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan kepada berbagai lapisan masyarakat. Hal ini penting untuk dilakukan agar kita dapat bersama-sama menjaga keutuhan NKRI,” ujar Andik. (Bud)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT