ReligiSumatera Barat

Sekdaprov Sumbar Safari Ramadan di Masjid Nurul Iman Pasar Muara, Air Bangis

107
×

Sekdaprov Sumbar Safari Ramadan di Masjid Nurul Iman Pasar Muara, Air Bangis

Sebarkan artikel ini
Sekdaprov Sumbar, Hansastri Safari Ramadan di Masjid Nurul Iman Pasar Muara
Sekdaprov Sumbar, Hansastri Safari Ramadan di Masjid Nurul Iman Pasar Muara, Nagari Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat. (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Hendra Putra bersama stakeholder terkait mendampingi Tim Safari Ramadan (TSR) Sekda Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Hansastri dan rombongan melakukan kunjungan di Masjid Nurul Iman, Jorong Pasar Muara, Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Sabtu (8/4/2023) malam.

Sekda Provinsi Sumbar Hansastri dalam kesempatan itu mengatakan, tujuan kedatangannya bersama rombongan adalah menjalin silaturahmi dan melaksanakan tarawih bersama masyarakat Pasbar khususnya masyarakat Air Bangis. Selain itu untuk memberikan informasi pembangunan di Sumbar, serta membawa beberapa bantuan.

“Dari 12 TSR Provinsi Sumatera Barat yang mengunjungi kabupaten dan kota, alhamdulillah kami terjadwal ke Masjid Nurul Iman ini. Kami berterimakasih, kepada Pemkab Pasbar yang selalu bersama dengan kami disetiap kunjungan. Masjid Nurul Iman ini berkesan buat saya pribadi, karena masjid ini juga dekat dengan pasar maka menjadi terkenal sebab semua pendatang yang berkunjung ke pasar Air Bangis akan melaksanakan sholatnya di sini. Ini juga merupakan tahun ke-7 kita tetap melaksanakan bakti sosial berbagi sembako,” ucap Hansastri.

Ia menjelaskan, untuk pembangunan di Sumbar dialokasikan ke pembangunan beberapa bidang diantaranya bidang pendidikan, kesehatan, pertanian dan perikanan. Sementara di Pasbar, lokasi pembangunan dekat masjid yang berada di pinggir sungai senilai 3 milyar lebih. Pembangunan SMK baru Air Bangis tahun ini senilai 4 milyar, serta pembangunan jalan menuju pelabuhan kolaborasi anggaran Pemda dan Pemprov dibantu pemerintah pusat sepanjang 42 km.

“Terbesar dialokasikan ke bidang pendidikan yang hampir mencapai 3 triliun, untuk kesehatan 10 persen, pertanian 10 persen termasuk perikanan. Ada lagi infrastruktur, PU, bina magra, perairan, permukiman yang lokasinya disebar di seluruh Sumbar. Banyak pembangunan di Pasbar yang kita harapkan terealisasi secepatnya,” jelasnya.

Disamping itu, Pengurus Masjid Nurul Iman Jorong Pasar Muara, Febriansyah mengucapkan selamat datang kepada TSR Provinsi Sumatera Barat yang diketuai Sekda Hansastri beserta rombongan, ia juga mengucapkan selamat datang kepada TSR Kabupaten Pasaman Barat yang dipimpin Sekda Hendra Putra itu.

Ia memaparkan, Masjid Nurul Iman adalah masjid satu-satunya yang berada di lingkungan pasar Air Bangis. Meskipun masih dalam proses pembangunan, namun pengurus masjid beserta masyarakat Air Bangis semangat melanjutkan pembangunan masjid diantaranya pembangunan wc dan tempat wudhu. Ia berharap, kubah masjid yang belum dibangun juga dapat terselesaikan.

“Kedatangan ini sudah lama kami tunggu-tunggu, berkat doa kita semua akhirnya rombongan Pak Sekda Hansastri serta rombongan dari kabupaten berkenan hadir. Masjid kita ini pak, satu-satunya yang berada di Pasar Air Bangis. Jadi ketika berlangsung jual beli di pasar, masyarakat Air Bangis memenuhi Masjid setidaknya untuk shalat Zuhur dan Ashar. Alhamdulillah, sudah berjalan pembangunan wc dan tempat wudhu. Insya Allah tahun depan dapat kita selesaikan pembangunan kubah yang belum ada dengan anggaran sekitar 250 juta,” jelasnya.

Sementara Ketua Panitia Perantau Berbagi Zul Izman menyatakan terima kasih kepada perantau Air Bangis yang telah bahu- membahu membantu pembangunan masjid, membantu lansia serta masyarakat kurang mampu.

Diakhir acara, TSR Provinsi Sumatera Barat melalui Sekda Hansastri didampingi Sekda Pasbar Hendra Putra serta Forkopimca Sungai Beremas menyerahkan bantuan hibah sebesar 50 juta rupiah, donasi dari Bank Nagari senilai 10 juta rupiah, 10 AQur’an, 30 kain sarung untuk mubaligh, penyerahan sembako dari keluarga perantau Air Bangis kepada kaum dhuafa, lansia, dan lain sebagainya.

(wal)

Kami Hadir di Google News