Sumatera Barat

Tim Safari Ramadan Provinsi dari UNP Sambangi Masjid Nurul Iman Simpang Tolang Pasbar

126
×

Tim Safari Ramadan Provinsi dari UNP Sambangi Masjid Nurul Iman Simpang Tolang Pasbar

Sebarkan artikel ini
Pimpinan Rombongan Tim Safari Ramadhan Erian Joni serahkan Hibah Pembangunan Masjid
Pimpinan Rombongan Tim Safari Ramadhan Erian Joni serahkan Hibah Pembangunan Masjid sebesar Rp 50.000.000 dari Pemprov Sumbar untuk pembangunan Masjid Nurul Iman, Jorong Simpang Tolang, Kecamatan Ranah Batahan, dan bantuan dari Bank Nagari senilai Rp 2.500.000 serta jam dinding. (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id – Tim Safari Ramadan (TSR) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) dari Universitas Negeri Padang (UNP) dan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melakukan Safari ke Masjid Nurul Iman, Jorong Simpang Tolang, Kecamatan Ranah Batahan, Rabu (29/3/2023) malam.

Dalam kegiatan itu Tim Safari Ramadan Pemprov Sumbar dipimpin oleh Sekretaris Universitas Negeri Padang, Erian Joni, didampingi rombongan dari Pemprov Sumbar dan TSR Pemerintah Daerah Pasaman Barat yang dipimpin oleh Wakil Bupati Risnawanto beserta OPD dan stakeholder terkait lainnya.

ADVERTISEMENT

banner pemkab muba

Sekretaris UNP Erian Joni mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program Pemerintah Daerah yang tidak pernah putus dari awal dimulai. Dengan tujuan untuk bersilaturahmi dan menjalin komunikasi dengan masyarakat.

“Tidak semua masjid yang bisa dikunjungi oleh TSR Provinsi Sumbar, dan kami beruntung sekali bisa berkunjung ke masjid ini,” kata Erian Joni.

Dalam kesempatan itu, ia juga memberikan apresiasi yang tinggi, karena Pasbar telah berhasil memekarkan nagari 71 nagari. Dan ia menilai pembangunan di Pasbar juga sudah maju.

Selain itu, ia juga menyinggung tentang capaian pendidikan di Sumbar yang Index Pembangunan Manusia (IPM) meningkat hingga nomor 8 se-Indonesia. Sebagai perguruan tinggi tentunya peningkatan IPM depat mendorong anak-anak untuk kuliah di suatu perguruan tinggi.

“Ada 11 perguruan tinggi di Sumbar yang negeri, banyak juga yang swasta. Sehingga tidak ada lagi alasan anak kita untuk tidak kuliah atau tidak mau melanjutkan sekolah. Pendidikan dapat mengantisipasi hal negatif, baik pendidikan modern maupun pendidikan agama. Karena di Sumbar merupakan daerah yang cukup tinggi terkontaminasi merebaknya pergaulan bebas, LGBT hingga kecanduan games. Dan kecanduan games sama parahnya dengan Narkoba,’ jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Risnawanto mengucapkan terima kasih kepada TSR Provinsi Sumbar yang telah datang bersilaturahmi dengan masyarakat Kabupaten Pasaman Barat khususnya dengan jemaah Masjid Nurul Iman Simpang Tolang Kecamatan Ranah Batahan.

“Di bulan Ramadan inilah ada program TSR sebagai bentuk mempererat tali silaturahmi. Memang TSR memiliki keterbatasan untuk mengunjungi masjid-masjid di seluruh Kabupaten Pasaman Barat ini. Karena itulah jemaah masjid Nurul Iman ini patut bersyukur karena telah dipilih oleh Pemerintah Provinsi dan kabupaten untuk berkunjung ke sini,” kata Wabup Risnawanto.

Ia mengimbau masyarakat, sebagai bentuk syukur dengan meningkatkan kegiatan ibadah di bulan Ramadan. Apalagi adanya program keagamaan Pemda Pasbar yakni Magrib mengaji dan Tahfiz Alquran sehingga malam-malam Ramadan dihidupkan dengan amalan tersebut.

“Biasanya kami dikunjungi oleh masyarakat ke kantor, apakah mengurus surat menyurat dan lain sebagainya. Sekarang kami yang datang mengunjungi bapak ibu semuanya,” ujar Risnawanto.

Ia juga mengimbau para orang tua agar mengingatkan dan menjaga anaknya menjelang lebaran, terutama generasi muda. Karena angka kecelakaan lalu lintas tercatat di Polres Pasbar cukup tinggi.

“Kami sangat bermohon kepada orang tua agar berhati-hati memberikan anaknya kendaraan bermotor terutama roda dua. Karena Seminggu menjelang lebaran dan seminggu setelah lebaran angka kecelakaan cukup tinggi. Berhati-hati juga di jalan raya, begitu juga di lebaran nanti, ingatkan anak kita jangan konvoi di malam takbiran. Kita juga berharap masyarakat merayakan lebaran dengan sederhana,” katanya.

Dalam kegiatan itu, Pimpinan Rombongan Tim Safari Ramadhan menyerahkan Hibah Pembangunan Masjid sebesar Rp 50.000.000 dari Pemprov Sumbar untuk pembangunan Masjid Nurul Iman, Jorong Simpang Tolang, Kecamatan Ranah Batahan, dan bantuan dari Bank Nagari senilai Rp 2.500.000 serta jam dinding.

(wal)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT