Sumatera Barat

Tim Safari Ramadan Danlantamal II Padang Kunjungi Masjid Nur Al-Fath Bancah Rambai

109
×

Tim Safari Ramadan Danlantamal II Padang Kunjungi Masjid Nur Al-Fath Bancah Rambai

Sebarkan artikel ini
Tim Safari Ramadan Danlantamal II Padang Kunjungi Masjid Nur Al-Fath Bancah Rambai
Tim Safari Ramadan Danlantamal II Padang Kunjungi Masjid Nur Al-Fath Bancah Rambai. (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id – Tim Safari Ramadan (TSR) Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II Padang mengunjungi Masjid Nur Al-Fath Bancah Rambai, Jorong Langgam, Kenagarian Kinali, Kecamatan Kinali, Rabu (29/3/2023) malam.

TSR yang didampingi langsung oleh Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Hamsuardi itu membawa bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sebesar 50 juta rupiah.

Pada kesempatan itu, Ketua TSR Danlantamal II Padang melalui Kadis Potensi Maritim Lantamal Letkol Zulkarni mengatakan kunjungan TSR tersebut merupakan kunjungan silaturahmi. TSR Provinsi Sumatera Barat menurunkan 12 tim yang tersebar di seluruh kabupaten/ kota di Sumbar.

Ia bersyukur, sebagai tim 8 dapat mengunjungi Pasaman Barat yang merupakan kampung halamannya dan ia juga mengapreasiasi program unggulan Pemda Pasbar.

“Selain silaturahmi, kegiatan kita ini bertujuan untuk menghilangkan batas diantara masyarakat kepada pimpinannya. Kita juga mengapresiasi perhatian pemerintah daerah melalui program berobat gratis, membantu pembangunan masjid, dan program keagamaan lainnya,” ucap Kadis Potensi Maritim Lantamal Letkol Zulkarni.

Ia juga menghimbau masyarakat untuk terus mendukung program-program pemerintah daerah guna mensejahterakan masyarakat luas dan mendapatkan pahala kelak.

“Mari kita dukung penuh program ini, sebab program ini tidak saja untuk dijalankan namun kelak di akhirat kita juga akan mendapat pahalanya,” sebutnya.

Hal senada juga diungkapkan Bupati Pasbar Hamsuardi dalam sambutannya, ia menjelaskan program unggulan Pasaman Barat diantaranya program Magrib Mengaji, Tahfizh Al-Qur’an dan berobat gratis (UHC).

“Tujuan dari program unggulan kita semoga di seluruh rumah di Pasbar bergema mengumandangkan Al-Qur’an. Kedua, dalam mengatasi kenakalan remaja kita programkan Tahfidz Al-Qur’an yang juga bertujuan 10 hingga 20 tahun lagi 30 persen masyarakat Pasbar menjadi penghafal Al-Qur’an. Banyak yang sudah kita wisuda ada yang 2 juz, ada yang 5 juz bahkan ada yang 7 juz,” kata Bupati.

“Terakhir program berobat gratis untuk masyarakat Pasbar, hanya membawa KK dan KTP. Mohon dukungannya untuk program kita ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, semoga semua usaha kita menjadikan Pasbar menjadi baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur,” ungkapnya.

Sementara itu, Pengurus Masjid Nur Al-Fath Kinali Japriadi mengucapkan terima kasih dan mengungkapkan rasa bahagianya karena Masjid Nur Al-Fath Kinali dikunjungi oleh TSR Provinsi Sumatera Barat dari Danlantamal II Padang dan dari TSR Pemda Pasbar.

Dalam pertemuan silaturahmi di bulan mulia itu, ia menjelaskan sejarah singkat pembangunan Masjid Nur Al-Fath Bancah Rambai Jorong Langgam Kinali.

“Pembangunan masjid kita ini terjadi dua kali, pertama masjid ini masih sangat kecil yaitu dengan ukuran 10×12 sesuai jumlah penduduk pada saat itu. Mengingat perkembangan zaman dan pertambahan penduduk di Bancah Rambai mengalami peningkatan. Bangunan lama tidak lagi bisa menampung penduduk yang beribadah dan dilakukan renovasi pada tahun 2000-an menjadi 19×22. Alhamdulilah, ini juga kunjungan pertama dari Provinsi Sumatera Barat,” ucapnya.

Sebelum menghadiri Safari Ramadhan itu, Bupati Hamsuardi bersama stakeholder terkait meninjau masjid dan lapangan voli di Kampung Air Meruap, Jorong Sigunanti, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali.

(wal)

Kami Hadir di Google News