Sumatera Barat

TP PKK Pasbar Penilaian Lapangan Dua Posyandu di Kecamatan Luhak Nan Duo

125
×

TP PKK Pasbar Penilaian Lapangan Dua Posyandu di Kecamatan Luhak Nan Duo

Sebarkan artikel ini
TP PKK Pasbar Penilaian Lapangan Posyandu Permata Hati Nagari Kapa dan Posyandu Prima Generasi Bunda Nagari Koto Baru di Kecamatan Luhak Nan Duo
TP PKK Pasbar Penilaian Lapangan Posyandu Permata Hati Nagari Kapa dan Posyandu Prima Generasi Bunda Nagari Koto Baru di Kecamatan Luhak Nan Duo. (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id – Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman Barat, Ny. Titi Hamsuardi bersama Pengurus melaksanakan penilaian lapangan terhadap dua Posyandu yang ada di Kecamatan Luhak Nan Duo, Rabu (29/3/2023).

Dua Posyandu tersebut yakni Posyandu Permata Hati Nagari Kapa dan Posyandu Prima Generasi Bunda Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo.

Ny. Titi Hamsuardi mengatakan penilaian lapangan ini merupakan lanjutan dari proses penilaian Lomba Posyandu Berprestasi tingkat Kabupaten Pasaman Barat tahun 2023 yang telah dilakukan sebelumnya. Selain itu juga untuk melihat kesesuaian antara ekspos dengan kondisi sebenarnya di lapangan.

“Penilaian ini dilakukan bukan hanya dipersiapkan untuk lomba posyandu tingkat kabupaten saja namun juga untuk menentukan pemenang yang nantinya akan mewakili Pasaman Barat di tingkat provinsi,” kata Ny. Titi Hamsuardi.

Selain itu, lanjutnya penilaian dilakukan untuk melihat langsung aktivitas dan kemampuan Kader dalam memahami tugas pokok dan fungsinya, mengetahui manfaat Posyandu bagi masyarakat, dan mengetahui dukungan dari dinas terkait, serta mengetahui dukungan masyarakat dalam meningkatkan partisipasi dan menetapkan Kader posyandu berprestasi untuk Kabupaten Pasaman Barat.

“Diharapkan para kader terus berinovasi untuk kemajuan posyandu agar masyarakat tertarik untuk mengunjungi Posyandu tersebut. Setiap kader diminta untuk menonjolkan inovasi serta meningkatkan kompetensi diri masing-masing kader,” harapnya.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh anggota TP-PKK nagari dan kecamatan untuk berpartisipasi dalam Posyandu seperti pelaksanaan pemanfaatan pekarangan yang manfaatnya dapat menambah pendapatan atau kas Posyandu.

Di samping itu, Wali Nagari Kapa Nofrizon mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan penilaian lapangan yang dilakukan TP PKK kabupaten terhadap Posyandu di Kecamatan Luhak Nan Duo. Ia berharap penilaian tersebut dapat memberikan pembelajaran dan semangat bagi kader dan PKK nagari maupun kecamatan untuk terus maju ke arah yang lebih baik.

Selain itu Nofrizon mengingatkan kepada kader posyandu agar terus semangat dan mengembangkan diri melalui inovasi-inovasi yang ada sehingga perkembangan posyandu dapat terlihat.

“Sesuai dengan yang diharapkan oleh Ketua TP PKK tadi agar memanfaatkan pekarangan untuk menambah pendapatan, maka akan terus kita pantau dan untuk hasil dari penilaian lomba tersebut semoga mendapatkan kabar yang baik,” harapnya.

Sementara, Kabid Kesmas Dewi Indriani Djusair yang juga merupakan dewan juri mengingatkan bahwa untuk menjadi perwakilan Posyandu yang mewakili Pasaman Barat di tingkat provinsi nantinya harus berkerja keras dengan persiapan yang matang baik baik dari segi administrasi dan juga lainnya.

“Saya berharap dengan adanya penilaian ini dapat memotivasi kader posyandu agar dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan, serta meningkatkan motivasi sehingga kader posyandu memiliki kemampuan yang lebih baik dalam bertugas,” ucapnya.

(wal)

Kami Hadir di Google News