Kemensos

Kemensos Kembali Gelar Workshop PENA, Kali Ini di Sentra Handayani Jakarta Timur

148
×

Kemensos Kembali Gelar Workshop PENA, Kali Ini di Sentra Handayani Jakarta Timur

Sebarkan artikel ini
Kemensos Gelar Workshop PENA di Sentra Handayani Jakarta Timur
Kemensos Gelar Workshop PENA di Sentra Handayani Jakarta Timur. (f/humas)

Mjnews.id – Kementerian Sosial (Kemensos) kembali mengadakan workshop PENA, di Sentra Handayani, Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur.

Peserta terdiri dari 176 orang Pendamping sosial, 67 orang keluarga penerima manfaat (KPM) graduasi dan 112 penerima manfaat Sentra Handayani Jakarta.

Workshop PENA ini bertujuan untuk memberikan penguatan pemberdayaan KPM PENA graduasi dan memberikan penguatan kapasitas pendamping sosial.

Terdapat 6 kelas yang telah dibagi oleh Kementerian Sosial berupa kuliner, kerajinan tangan, digital marketing, literasi keuangan, fotografi dan videografi, riset sederhana serta branding dan packaging produk. Kegiatan berlangsung selama dua hari pada 1 – 2 Februari 2024 mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Pada kelas memasak diikuti oleh penerima manfaat Sentra Handayani Jakarta. Peserta diajarkan membuat berbagai menu kue dan hidangan berat dengan resep yang mudah, seperti kue lapis legit, lapis surabaya kukus, rawon, mie ayam dan soto.

Peserta tampak antusias mempraktikan setahap demi setahap menu yang dibuat. Peserta juga diajarkan menata hasil masakan agar menarik.

Kelas kerajinan tangan, peserta yang juga penerima manfaat Sentra Handayani diajarkan membuat kotak tisu dari bahan karton yang kemudian dilapisi kulit pelepah pisang.

Pelatihan ini sedikit berbeda karena memanfaatkan tumbuhan yang terkadang tidak pernah dipakai, tetapi bisa dimanfaatkan untuk menjadi sebuah kerajinan.

Peserta yang kebanyakan merupakan anak-anak penerima manfaat dan didampingi oleh orang tua/pendamping juga antusian membuat kerajianan tersebut.

Sementara KPM Graduasi mendapatkan pelatihan mengenai peluang untuk menarik produk-produk KPM seperti cara branding dan mengemas produk yang menarik, memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk dan tujuannya untuk mendorong KPM yang sudah memiliki usaha untuk berani merambah pasar yang lebih luas.

Pada pelatihan ini juga disediakan kelas tata rupa, peserta dapat berkonsultasi langsung dengan ahli cara agar produk/usaha yang dimiliki dapat lebih naik kelas.

Nurhayati (35) asal Tangerang, menjadi KPM PKH sejak tahun 2013, memiliki usaha warung untuk jualan berbagai gorengan, snack dan membuat kerupuk yang berjualan dari pukul 07.00 s.d 18.00 WIB di rumah. Memiliki pengahasilan sekitar Rp 300.000 per hari. Nurhayati melakukan konsultasi kepada tim tata rupa agar produknya lebih menarik lagi.

“Tadi saya konsultasi terkait logo dan packaging makanan, karena selama ini belum ada, agar lebih menarik dan rapi. Saya juga berharap usaha saya lebih maju dan keuntungannya bertambah karena tampilannya sudah menarik,” ungkap Nurhayati, Jumat 2 Februari 2024.

Selain pelatihan untuk KPM, terdapat juga pelatihan untuk pendamping sosial berupa riset dan pemasaran sederhana, digital marketing, fotografi dan videografi serta literasi keuangan.

Dody Kusniady (45), TKSK dari Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengaku pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para pendamping yang nantinya ilmu yang diperoleh menjadi bekal untuk memberikan pendampingan kepada KPM sehingga bisa termotivasi untuk berwirausaha secara mandiri maupun kelompok.

Materi yang diberikan instruktur sesuai dengan kondisi usaha saat ini.

(Rel)

Kami Hadir di Google News