BeritaJawa BaratKemensos

Ada Pelatihan Vokasional di Sentra Terpadu Inten Soeweno Bogor

43
×

Ada Pelatihan Vokasional di Sentra Terpadu Inten Soeweno Bogor

Sebarkan artikel ini
Pelatihan Vokasional di Sentra Terpadu Inten Soeweno Bogor
Pelatihan Vokasional di Sentra Terpadu Inten Soeweno Bogor. (f/humas)
Mjnews.id – Semangat belajar dan rasa ingin tahu terlihat dari 46 peserta pelatihan vokasional di Sentra Terpadu Inten Soeweno (STIS), Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Para peserta dengan beragam disabilitas, pada Kamis 4 April 2024, terlihat bersemangat mengikuti pelatihan sesuai minat dan bakatnya selama tiga bulan.
“Mereka dapat memilih salah satu dari tujuh pelatihan yang diberikan,” kata Kepala Sentra Terpadu Inten Soeweno Bogor, Dr. M.O. Royani.
Ketujuh pelatihan tersebut adalah menjahit, desain grafis, logam, komputer, contact center, otomotif dan elektro. Ketujuh program pelatihan tersebut merupakan pengembangan.
Semula saat pelatihan vokasional dimulai 1998, hanya empat program pelatihan vokasional yang disediakan yakni menjahit, percetakan yang sekarang menjadi desain grafis, logam dan komputer.
“Pengembangan ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” kata Royani memberikan penjelasan.
Para peserta berasal dari berbagai daerah yang masuk wilayah satuan kerja Sentra Terpadu Inten Soeweno (STIS) Cibinong Bogor. Ada peserta dari Bogor, Cianjur bahkan Lampung.
Sistem perekrutan peserta dilakukan secara terbuka. Pada tahap pertama, STIS Bogor menginformasikan kepada para pihak melalui media sosial dan website STIS.
Selain itu STIS juga bersurat dan berkoordinasi dengan kepada dinas sosial setempat.
Tahap selanjutnya, peserta melakukan pendaftaran melalui link yang disediakan masing-masing dinas sosial kabupaten/ kota. Setelah peserta melakukan pendaftaran, barulah STIS Bogor melakukan assessment dengan mendatangi para calon peserta.
Assesment ini penting untuk mengetahui minat dan bakat calon peserta pelatihan serta disesuaikan dengan kondisi disabilitas masing-masing peserta.
Tahap terakhir, dilakukan pemanggilan peserta untuk mengikuti pelatihan vokasional yang dilaksanakan di Sentra Terpadu Inten Soeweno Bogor.
“Tidak ada kriteria khusus bagi peserta yang ingin mengikuti pelatihan vokasional. Tetapi, saat ini kami lebih memprioritaskan penyandang disabilitas, baik disabilitas fisik, disabilitas rungu, disabilitas wicara dan sebagainya,” kata Kepala Sentra Terpadu Inten Soeweno, Royani.

Kami Hadir di Google News