ADVERTISEMENT
Kabupaten AsahanSumatera Utara

Tutup Tailor Made Training, Wabup Asahan Lepas Pekerja Migran ke Jepang

93
×

Tutup Tailor Made Training, Wabup Asahan Lepas Pekerja Migran ke Jepang

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar, menutup pelatihan berbasis kompetensi Tailor Made Training
Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar, menutup pelatihan berbasis kompetensi Tailor Made Training, Jumat (29/11/2023). (f/diskominfo)

Mjnews.id – Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar, menutup pelatihan berbasis kompetensi Tailor Made Training dan pelepasan Pemberangkatan Calon Pekerja Migran Indonesia warga Asahan ke Jepang bertempat di Aula Rumah Dinas Bupati Asahan, Rabu (29/11/2023).

Dalam laporannya, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan, Meilina Siregar, mengatakan bahwa maksud dan tujuannya meningkatkan kemampuan kompetensi angkatan kerja serta kualitas dan produktivitas angka kerja, memberikan bantuan perlatan dan permodalan kepada peserta pelatihan untuk dapat diberdayakan menjadi wirausaha yang mandiri serta memberdayakan LPK yang sudah mempunyai kompetensi di Kabupaten Asahan.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Selanjutnya pelatihan Tailor Made Training sebanyak 320 peserta yang terdiri dari, untuk kejuruan menjahit pakaian wanita Dewasa sebanyak 80, kejuruan menjahit sesuai style 48 orang, kejuruan tata kecantikan rambut 32 orang, kejuruan commercial cookery sebanyak 32 orang, kejuruan teknisi telepon seluler perangkat keras sebanyak 16 orang, kejuruan bakery sebanyak 16 orang, kejuruan tata kecantikan wajah sebanyak 16, kejuruan make up artist sebanyak 16 orang, kejuruan tata rias pengantin melayu sebanyak 16 orang, kejuruan rias gaun panjang sebanyak 16 orang, kejuruan operator komputer sebanyak 16 orang dan pengolahan sampah organik sebanyak 16 orang.

Baca Juga  OPD dan Camat se-Kabupaten Asahan Tandatangani Perjanjian Kinerja sekaligus Rakorpem Perdana 2023

Sementara Taufik Zainal Abidin mengucapkan terima kasih kepada Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan Dan Baznas Kabupaten Asahan yang telah berkenan menyelenggarakan pelatihan Tailor Made Training.

Selanjutnya Wakil Bupati Asahan menjelaskan Tailor made training adalah istilah yang digunakan untuk menyebut pelatihan yang berbasis penempatan tenaga kerja, konsep pelatihan di lakukan atas dasar kesepakatan kerja sama.

Untuk itu kami dari Pemerintah Daerah Kabupaten Asahan sangat menyambut baik atas kerjasama Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan dan Baznas Kabupaten Asahan untuk berkaloborasi dalam meningkatkan keterampilan tenaga kerja dan mempersiapkan dalam memasuki dunia kerja.

Baca Juga  Pansus RKPD DPRD Provsu Kunjungan Kerja ke Kabupaten Asahan

“Pelatihan berbasis kompetensi Tailor Made Training kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Asahan dengan Balai Besar Pelatihan Vokasi Produktivitas Medan dan Baznas Kabupaten Asahan Tahun 2023 dengan ini resmi ditutup,” ucap Wakil Bupati.

Wakil Bupati juga melepas Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) warga Kabupaten Asahan berangkat kerja ke Jepang yang merupakan alumni pelatihan berbasis kompetensi BBPVP Bandung dan Alumni pelatihan bahasa Jepang pada BBPVP medan atas nama Miftahul Fadli.

Kemudian Wakil Bupati Asahan, Ketua Baznas Kabupaten Asahan, Ketua Afindo, pemilik LPK beserta instruktur dan tamu undangan lainnya berkesempatan melihat penampilan fashions show dan peninjauan umkm yang merupakan hasil karya dari peserta pelatihan Tailor Made Training tahun 2023.

(isn)