Sumatera Barat

Disarpus Pasbar Adakan Lomba Bercerita Tingkat SD dan MI

143
×

Disarpus Pasbar Adakan Lomba Bercerita Tingkat SD dan MI

Sebarkan artikel ini
Disarpus Pasbar Adakan Lomba Bercerita Tingkat SD dan MI
Disarpus Pasbar Adakan Lomba Bercerita Tingkat SD/MI. (f/kominfo)

Mjnews.id – Dinas Kearsipan dan Perpustakan, (Disarpus) mengadakan Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2023, Selasa (15/8/2023) di halaman kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan setempat.

Lomba secara resmi dibuka oleh Bupati Pasbar dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Agama dan Kesejahteraan Sosial, Adrianto yang juga dihadiri oleh Bunda Literasi Pasaman Barat, Titi Hamsuardi.

Dalam sambutannya, Adrianto mengatakan untuk menumbuhkembangkan gemar membaca anak sejak dini dapat dibentuk melalui pola pendidikan, baik secara formal maupun non formal yang mengacu pada pembelajaran, peningkatan moral dan intelektual, keterampilan serta kreativitas dengan melibatkan peranan keluarga dan sekolah.

“Menumbuh kembangkan minat baca dapat dilakukan dengan berbagai macam cara seperti mendongeng, bercerita dan sejenisnya. Dan kegiatan seperti ini merupakan salah satu metode yang efektif dalam pembelajaran atau menumbuhkan minat baca anak-anak, ” kata Adrianto.

Adrianto menyebutkan, sangat menyambut baik terlaksananya kegiatan lomba ini. Dan berharap agar kegiatan seperti ini tetap berlanjut, sehingga dapat meningkatkan motivasi masyarakat terutama anak-anak di kalangan pelajar yang saat ini tampil pada tingkat Sekolah Dasar.

“Selain itu kegiatan ini juga sejalan dengan visi dan misi Pemda dalam menjadikan Pasbar yang maju, bermartabat dan sejahtera dengan membangun SDM yang berkualitas dan berdaya saing sehingga kedepan semakain menguatkan jati diri dan karakter sebagai masyarakat Pasaman Barat,” harap Adrianto.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Pepi Sandra menjelaskan bahwa maksud dan tujuan diadakan lomba tersebut adalah untuk meningkatkan kegemaran membaca melalui Berbagai bacaan dan media untuk meningkatkan cinta kebudayaan bangsa, membangun pendidikan berkarakter dan rasa persatuan dan kesatuan serta untuk menumbuhkembangkan budaya gemar membaca pada pelajar akan buku sastra dan seni yang dapat menumbuhkan jiwa seni terhadap pelajar dan dapat menyalurkan bakat dan hobi serta untuk memukul percaya diri dalam menciptakan mental pelajar supaya tampil dalam berbagi kegiatan.

“Pada lomba kali ini adapun jumlah peserta yang terlibat dalam lomba sebanyak 16 peserta dengan fasilitas atau hadiah yang diberikan yakni Juara I sebesar Rp. 1.250.000+ Tropy+Sertifikat +Piagam Penghargaan, Juara II Sebesar Rp. 1.000.000+ Tropy+Sertifikat +Piagam Penghargaan, Juara III sebesar Rp. 750.000+ Tropy+Sertifikat +Piagam Penghargaan” jelas Pepi Sandra.

(wal)

Kami Hadir di Google News