EkonomiSumatera Barat

Jika Dikelola Optimal, Ikan Garing Potensi Terbesar Kota Padang

97
×

Jika Dikelola Optimal, Ikan Garing Potensi Terbesar Kota Padang

Sebarkan artikel ini
Jika Dikelola Optimal, Ikan Garing Potensi Terbesar Kota Padang
Walikota Padang, Mahyeldi
mjnews.id – Padang ternyata juga memiliki potensi besar dalam bidang perikanan. Ikan Garing atau biasa disebut ikan semah, banyak terdapat di tiap sungai di Padang maupun di Sumatera Barat. 
Walikota Padang, Mahyeldi menilai, ikan garing merupakan potensi yang dapat mendatangkan keuntungan jika dikelola dengan baik.
“Di Padang dan daerah di seluruh Sumatera Barat banyak terdapat ikan garing, jika dipelihara dengan baik akan mendatangkan potensi yang menjanjikan,” sebut Mahyeldi, Kamis (23/7/2020).
Disebutkan Mahyeldi, satu ekor ikan garing ukuran besar beratnya mampu mencapai tiga kilogram. Hampir sama dengan ikan salmon yang hidup di laut.
Mahyeldi mengatakan, dalam menjaga habitat ikan sungai, masyarakat Sumatera Barat melakukan konsep ikan larangan. Ikan dipelihara di tali bandar atau cek dam sehingga ikan tersebut terjaga dan terawat hingga besar.
“Metoda ini digunakan masyarakat sejak dulu, sehingga terbenahi, dan di beberapa tempat ikan larangan ini menjadi objek wisata menarik bagi warga,” tuturnya.
Disebut objek wisata menarik, karena ikan larangan ditangkap di waktu tertentu secara bersama-sama. Saat menangkap ikan dalam jumlah banyak secara beramai-ramai tentu menjadi daya tarik bagi warga lain. Ikan yang ditangkap kemudian dijual. Hasil penjualan kemudian dijadikan untuk pembangunan daerah setempat.
“Ini sekaligus juga menjadi edukasi bagi anak-anak,” katanya.
Mahyeldi menekankan, ikan garing tersebut akan dapat terpelihara dengan baik. Sejalan dengan konsep “kali bersih” yang sudah digagas sejak lima tahun yang lalu.
“Jika kita sungguh-sungguh dalam menjaga dan memeliharanya akan berpotensi baik bagi masyarakat,” tutup walikota. (eds)

Kami Hadir di Google News