Sumatera BaratWisata

Gua Janjian Sawahlunto Jadi Objek Wisata Edukasi Geologi

78
×

Gua Janjian Sawahlunto Jadi Objek Wisata Edukasi Geologi

Sebarkan artikel ini
Gua Janjian Sawahlunto
Salah seorang pengunjung tengah memandang di dalam Gua Janjian di tengah temaran cahaya lentera. (humas pemko)

mjnews.id – Gua Janjian di Desa Talago Gunung, Kecamatan Barangin, Sawahlunto dijadikan sebagai objek wisata edukasi geologi.

“Berminatnya kita menjadikan Gua Janjian sebagai objek wisata edukasi geologi setelah Fakultas Pertambangan Universitas Negeri Padang (UNP) meneliti dan pemetaan morfometri,” kata Ketua Kelompok Sadar Wisata Lembah Sajonang desa setempat, Robert Petra, Senin (7/9/2020). 

Dikemukakannya, hasil penelitian dan pemetaan morfometri yang disampaikan tim geologi Fakultas Pertambangan UNP, Harizona Aulia Rahman dan Riko Maiyudi, selain keberagaman fauna Gua Janjian juga memiliki bekas – bekas bukti kehidupan manusia pra sejarah di masa lampau. 

Dikemukakan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Lembah Sajonang, hasil penelitian dan pemetaan morfometri tim Fakultas Pertambangan UNP ini bisa dijadikan sebagai referensi informasi bagi wisatawan, sekaligus konservasi lingkungan. 

“Saat ini kita dari Pokdarwis Lembah Sajonang tengah menuntaskan pembangunan akses jalan dan sarana penunjang lainnya di kawasan Gua Janjian,” ujar Robert. 

Walikota Deri Asta meng apresiasi upaya yang dilakukan Pokdarwis Lembah Sijonang untuk mengembangkan objek wisata Gua Janjian. Menurut walikota, awal Gua Janjian dirintis untuk pariwisata sudah pernah masuk dan menyaksikan serta merasakan ini punya potensi besar sebagai wisata edukasi geologi dan konservasi. 

“Pemerintah kota memberikan apresiasi pada Pokdarwis Lembah Sajonang yang telah memulai menggarap potensi wisata ini. Kita di pemerintah kota akan ikut mendukung upaya yang dilakukan Pokdarwis ini,” tutur Deri.

 

(rfd)

Kami Hadir di Google News