BeritaParlemenWisata

Pertumbuhan Sektor Pariwisata Domestik Perlu Roadmap yang Jelas

73
×

Pertumbuhan Sektor Pariwisata Domestik Perlu Roadmap yang Jelas

Sebarkan artikel ini
Komite III DPD RI adakan rapat dengar pendapat umum terkait inventarisasi pelaksanaan UU Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan
Komite III DPD RI adakan rapat dengar pendapat umum terkait inventarisasi pelaksanaan UU Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. (f/dpd)

Mjnews.id – Komite III DPD RI melihat perlu adanya roadmap yang jelas dan keseriusan pemerintah dalam menggarap dunia kepariwisataan di Indonesia, karena terbukti mampu menggerakkan sektor perekonomian di segala lini.

Wakil Ketua Komite III DPD RI, Muslim M Yatim mengungkapkan sektor pariwisata Indonesia merupakan salah satu aspek yang memiliki posisi strategis dalam peningkatan devisa negara, menciptakan lapangan kerja, dan mengembangkan ekonomi kerakyatan.

“Mengingat industri pariwisata memiliki potensi dan sumbangsih yang besar bagi perekonomian negara dan masyarakat Indonesia,” kata Muslim M Yatim.

Menurut Muslim, upaya pencapaian target sektor pariwisata tentu bukan perkara mudah. Ia menjelaskan bahwa Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyebut ada tujuh isu untuk membangun kepariwisataan berkualitas di Indonesia.

Ketujuh isu tersebut adalah penurunan kualitas lingkungan, kualitas tata kelola destinasi yang rendah, pelayanan pariwisata kurang prima, kapasitas sumber daya manusia pariwisata yang masih rendah, keterbatasan aksesibilitas transportasi di udara, darat, dan laut, kurangnya investasi sektor pariwisata, serta minimnya kesiapsiagaan terhadap bencana.

“Ketujuh isu tersebut menjadi tantangan bagi pemerintah, serta pemangku kepentingan sektor pariwisata untuk menanganinya,” ujar Muslim M Yatim pada RDPU Komite III DPD RI dalam rangka Inventarisasi Pengawasan atas pelaksanaan UU Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan, di Gedung DPD RI, Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Selasa 26 Maret 2024.

Pada RDPU ini, Ketua Asosiasi Dosen Pariwisata dan Praktisi Pariwisata Febby Dt Bangso memaparkan pentingnya pembangunan kepariwisataan.

Kami Hadir di Google News