Sumatera BaratWisata

Penghargaan PWA 2020 Bangkitkan Kepariwisataan di Sumatera Barat

74
×

Penghargaan PWA 2020 Bangkitkan Kepariwisataan di Sumatera Barat

Sebarkan artikel ini
Penghargaan PWA 2020 Bangkitkan Kepariwisataan di Sumbar
Gubernur Sumatera Barat, H. Irwan Prayitno, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial bersama peraih PWA 2020. (ist)

mjnews.id – Sejumlah kabupaten dan kota di Sumbar meraih anugerah Peduli Wisata Awards (PWA) 2020 yang dihelat Pemprov Sumbar di Auditorium Gubernuran, Padang, Kamis (19/11/2020).

Di ajang yang dihadiri antara lain Gubernur H. Irwan Prayitno, sejumlah bupati-walikota, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial, pelaku/pegiat wisata, diumumkan para pemenang dalam tiga kategori (The Most Improved, The Best Achievement, serta The Best Performance).

Tampil sebagai juara I, II, III kategori The Most Improved, yaitu Kabupaten Solok, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Padang Pariaman. Sedangkan pada kategori The Best Achievment, juara I diraih Kota Sawahlunto, juara II Kabupaten Pesisir Selatan, juara III Kota Solok. 

Kemudian pada kategori The Best Performance, juara I dimenangkan Kabupaten Limapuluh Kota, juara II Kota Bukittinggi , serta juara III Kota Pariaman.

Gubernur Irwan Prayitno dalam kesempatan itu mengapresiasi ajang yang digelar Dinas Pariwisata Sumbar yang mematuhi protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19.

“Adanya PWA 2020 ini akan mendorong Pemerintah Kabupaten/Kota yang mampu menunjukkan performa dalam pembangunan kepariwisataan di daerahnya dan memberikan motivasi pada sektor pariwisata untuk berkembang dan bangkit kembali meski dihadapkan pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial mengatakan, kegiatan PWA 2020 ini bertujuan memberikan apresiasi pada Pemerintah Kabupaten/Kota yang mampu menunjukkan progress atau hasil yang signifikan dalam pembangunan dan pengembangan kepariwisataan.

“Dalam PWA kali ini ada yang baru, yaitu berbasis digital dengan menggunakan sistem atau aplikasi, dalam aspek penilaian pun ada yang baru yaitu aspek pariwisata halal dan protokol kesehatan,” katanya.

Kegiatan PWA ini merupakan yang keempat kalinya (2015, 2016, 2018 dan 2020).

Tim Juri PWA 2020 yang terdiri dari Prof. Dr. Ansofino, M.Si, Ernawati, M.Pd, PhD, Dr. Indang Dewata, M.Si, Dr. Syamsurizal, Ian Hanafiah, Anggri Yulio, M.Komp, menilai para peserta PWA 2020 meliputi aspek tata pamong, lingkungan pariwisata, ekonomi pariwisata, ekonomi kreatif dan kaitannya dengan kepariwisataan, pemasaran pariwisata, pemberdayaan masyarakat di bidang kepariwisataan, pariwisata halal, serta aspek protokol kesehatan “new normal” .

Penilaian didasarkan pada aspek- aspek penilaian yang diisi oleh kabupaten/kota (tidak didasarkan perwilayahan) yaitu melalui : pengisian kuesioner sesuai aplikasi/program yang dikirimkan dengan panduan melalui youtube, verifikasi dokumen/data, wawancara, visitasi ke kabupaten/kota yang menjadi nominasi.

GIPI Award 2020

Dalam kegiatan ini juga diserahkan penghargaan pada peraih Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Award 2020. Untuk kategori desa wisata terbaik diraih Kubu Gadang (Padang Panjang), kategori Pokdarwis terbaik diterima Kapalo Banda Taram (Limapuluh Kota), kategori penggiat/penggerak wisata terbaik diraih Eko Darmawan (Pasaman Barat), penghargaan life achievment diraih H. Safaruddin Dt. Pangeran (pemilik Pangeran Hotel Group).

(rel/eds)

Kami Hadir di Google News