Kesehatan

Pengurus Cabang IBI Kota Pariaman 2018-2023 Dikukuhkan

79
×

Pengurus Cabang IBI Kota Pariaman 2018-2023 Dikukuhkan

Sebarkan artikel ini
IBI Kota Pariaman

MJNews.id – Bidan membantu tidak hanya ketika melahirkan tetapi juga membantu meningkatkan kesehatan masing-masing keluarga dan kesehatan masyarakat Kota Pariaman.

Hal demikian disampaikan Walikota Pariaman, Genius Umar saat Pengukuhan Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Pariaman Masa Bakti 2018-2023 di Aula Balaikota Pariaman, Kamis 1 April 2021.

Wako Genius Umar mengungkapkan bahwa IBI menjadi mitra Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayanan kebidanan pada ibu dan anak serta keluarga dalam rangka menurunkan angka kematian ibu, balita dan meningkatkan kesehatan ibu dan anak sesuai dengan kewenangan bidan di Kota Pariaman.

Dikatakan juga bahwa angka stunting di Kota Pariaman mencapai 9,1 persen. Saya menginginkan angka stunting ini harus bisa kita turunkan. Dinas Kesehatan Kota Pariaman harus bekerjasama dengan IBI untuk menurunkan angka stunting tersebut.

“Kita bisa melakukan hal tersebut, karena Kota Pariaman memiliki wilayah yang kecil. Dengan adanya bidan desa, kita bisa mengetahui kondisi masyarakat, bagaimana pendapat masyarakat perkapita, pekerjaan setiap rumah tangga, pola makanan yang diberikan kepada keluarganya. Dan ketika terjadi kekurangan gizi, disitulah bidan desa dan IBI Kota Pariaman melakukan pendampingan dan menyampaikan kepada Pemerintah Kota Pariaman, dan kita melakukan intervensi supaya mereka mendapat asupan gizi yang baik,” ulasnya.

“Apabila semua bidan desa melakukan hal ini, maka angka stunting bisa dikurangi hingga tiga sampai empat persen atau bahkan bisa lebih kurang dari itu,” sambungnya.

Lebih lanjutnya, Genius Umar sebutkan untuk akses sumber makanan kita tidak sulit, karena kita memiliki pantai dengan ikan yang banyak, tanah yang subur tetapi pola hidup bersih dan sehat harus diperbaiki. Dan jika bidan desa dan IBI Kota Pariaman bisa melakukannya di desa masing-masing dan melaporkan kepada dinas terkait, karena bidan desa menjadi ujung tombak kesehatan yang ada di desa masing-masing.

“Kami berharap, IBI tidak hanya melakukan program kesehatan namun juga program inovasi untuk mendukung Pemko Pariaman untuk mewujudkan Kota Pariaman sebagai kota tujuan wisata,” imbuhnya.

“Kami mengucapkan selamat kepada pengurus IBI yang baru dikukuhkan, selamat bekerja dan selalu bekerja dengan semangat serta ikhlas bekerja untuk kemanusiaan,” tutupnya.

Turut hadir dalam acara pengukuhan tersebut Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin, Ketua TP-PKK Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius, Ketua GOW Kota Pariaman, Ny. Indriati Mardison, Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Pariaman, Bidan senior Kota Pariaman, kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kota Pariaman, Kepala BPJS Kota Pariaman dan Kepala UPTD Puskesmas se-Kota Pariaman.

(hms/aa)

Kami Hadir di Google News