Kesehatan

Wawako Solok Kembali Pantau Verifikasi dan Validasi Data JKN 2021

78
×

Wawako Solok Kembali Pantau Verifikasi dan Validasi Data JKN 2021

Sebarkan artikel ini
Wawako Solok Pantau Verifikasi dan Validasi Data JKN 2021
Wawako Solok Kembali Pantau Verifikasi dan Validasi Data JKN 2021.

SOLOK KOTA, MJNews.ID – Keseriusan Pemerintah Kota (Pemko) Solok dalam mewujudkan jaminan kesehatan bagi masyarakat secara keseluruhan (total coverage) terlihat dari beberapa kali pelaksanaan verifikasi dan validasi (verivali) yang dipantau langsung oleh Wawako Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra, di aula Kantor Lurah Tanjung Paku, Senin 5 Juli 2021.
Pendataan tersebut dilakukan oleh Tim gabungan dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan BPJS Kesehatan Kota Solok.
Wawako dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa proses verivali data untuk penerima Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tahun 2021 yang berasal dari dana APBD Kota Solok perlu dilakukan untuk updating data masyarakat yang selama ini telah dicover JKN maupun yang belum. Guna menghindari terjadinya duplikasi atau tercecer bahkan data masyarakat yang telah meninggal.
“Setiap warga Kota Solok yang mendaftar akan ditempatkan di kelas III, seluruh biaya berasal dari APBD Kota Solok. Oleh karenanya perlu dilakukan verifikasi dan validasi,” ungkap Wawako.
Program JKN merupakan bagian dari Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang diselenggarakan dengan menggunakan mekanisme asuransi kesehatan sosial yang bersifat wajib (mandatory) berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang SJSN dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat yang layak yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh Pemerintah.
(zal)

Kami Hadir di Google News