ADVERTISEMENT
Ekonomi

Terungkap! Ini Trik yang Sering Digunakan DC Lapangan untuk Menipu Nasabah Pinjol

301
×

Terungkap! Ini Trik yang Sering Digunakan DC Lapangan untuk Menipu Nasabah Pinjol

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi penagihan pinjol.

Mjnews.id – Terungkap! Ini trik yang sering digunakan DC lapangan untuk menipu nasabah pinjol.

Dalam artikel ini, Mjnews.id bakal trik Debt Collector (DC) lapangan untuk menipu nasabah pinjaman online (pinjol).

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Bagi Anda yang saat ini sedang galbay atau telat bayar di aplikasi pinjol, Anda harus waspada dan hati-hati karena ternyata ada banyak hal yang dimanfaatkan DC lapangan untuk manipulasi nasabah.

Hal diunggah oleh kanal YouTube Mas Fintech berjudul “Wajib Tahu, Ini yang Sering Digunakan DC Lapangan untuk Menipu Kita!”, Selasa, 6 Februari 2024.

Baca Juga  50 Tahun Hadir di Indonesia, Truk Mitsubishi Fuso Memang Tangguh, Jago Pula Cari Duit

Nasabah galbay sudah tidak asing lagi dengan yang namanya teror DC lapangan saat penagihan. Bahkan saat Anda ditagih atau dikejar-kejar untuk bayar hingga 24 jam mungkin sudah makanan sehari-hari debitur.

Tapi apakah Anda tahu fakta yang sebenarnya bahwa hal-hal kecil tersebut ternyata dimanfaatkan oleh DC lapangan pinjol untuk manipulasi Anda.

Tujuan dimaksud untuk menjatuhkan mental Anda karena pada faktanya di aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk DC lapangan manakuti nasabah ada jam tersendiri.

Baca Juga  10 Daerah Paling Banyak Galbay Pinjol, Waspada Diteror Raja Debt Collector!

Jam Penagihan DC Lapangan Pinjol

Perlu diketahui, ada batasan jam kerja DC lapangan pinjol datang ke rumah nasabah galbay.

DC diutus sesuai izin dari OJK yang tertuang dalam peraturan tertulis di OJK Nomor 35/ POJK.05/2018 tentang penyelenggaraan usaha perusahaan pembiayaan, keberadaan DC atau penagih utang adalah legal.

Artinya, perusahaan pinjol diperbolehkan bekerjasama dengan penagih pihak ketiga. Tujuannya untuk membantu proses pembayaran hutang nasabah.

Pada aturan yang sudah diterapkan OJK tersebut, DC lapangan memiliki waktu tertentu untuk melakukan penagihan utang ke nasabah.