BeritaJawa Timur

Jawa Timur Diguncang Gempa Bumi Tektonik M5,9

52
×

Jawa Timur Diguncang Gempa Bumi Tektonik M5,9

Sebarkan artikel ini
ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi.

Mjnews.id – Pada Kamis 21 Maret 2024 kemarin, wilayah Provinsi Jawa Timur diguncang Gempa Bumi tektonik dengan kekuatan Magnitudo (M) 5,9.

Gempa Bumi tersebut terjadi pada pukul 22:45 WIB di wilayah Pantai Gresik, Jawa Timur.

ADVERTISEMENT

banner pemkab muba

Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Gempa Bumi ini memiliki parameter update dengan Magnitudo (M) 5,9.

Gempa Bumi ini terletak di koordinat 5,79 Lintang Selatan, 112,32 Bujur Timur tepatnya di lokasi laut dengan jarak 126 Kilometer arah timur laut Tuban Provinsi Jawa Timur, dengan kedalaman 10 Kilometer.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan bahwa jenis dan mekanisme Gempa Bumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

“Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di laut Jawa. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser ( strike-slip ),” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, pada Jumat 22 Maret 2024.

Disampaikan Daryono Gempa Bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Tuban dengan skala intensitas IV-V MMI, getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, Bawean dengan skala intensitas III-IV MMI.

Selain itu, bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, daerah Jepara, Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, Kudus, Blora, Pekalongan, Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Pasuruan, Malang, Semarang, dan Yogyakarta dengan skala intensitas II-III MMI.

“Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu, Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” pungkas Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono.

(*)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT