BeritaJawa Timur

Gempa Bumi Tektonik Kembali Guncang Laut Jawa, Kali Ini M6,5

64
×

Gempa Bumi Tektonik Kembali Guncang Laut Jawa, Kali Ini M6,5

Sebarkan artikel ini
ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi.

Mjnews.id – Hari ini Jumat 22 Maret 2024 pukul 15.52.58 WIB, wilayah Laut Jawa kembali diguncang gempa bumi tektonik.

Sebelumnya, gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Pantai Gresik, Jawa Timur, pada Kamis (21/3/2024) pukul 22:45 WIB kemarin.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,5.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 5,92° LS ; 112,35° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 114 Km arah Timur Laut Tuban, Jawa Timur pada kedalaman 12 km.

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di Laut Jawa.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip).

Dampak Gempabumi

Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di Pulau Bawean dengan intensitas V-VI MMI (Getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, barang-barang/pajangan terpelanting, terjadi kerusakan ringan).

Daerah Blora, Madura, Gresik, Surabaya, Kab. Banjar dengan skala intensitas III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Kemudian daerah Mojokerto, Banjar Baru, Sampit, Banjarmasi, Martapura, Balikpapan, Tanah Grogot, Malang, Lumajang, Madiun, Nganjuk, Pasuruan, Jepara, Rembang, Demak, Kudus, Semarang dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Kami Hadir di Google News