BeritaKemensos

Baksos di Palu, Mensos Temukan Banyak Warga Penderita Katarak dan Anak-anak Penderita Cerebral Palsy

62
×

Baksos di Palu, Mensos Temukan Banyak Warga Penderita Katarak dan Anak-anak Penderita Cerebral Palsy

Sebarkan artikel ini
Kemensos Baksos di Palu
Kemensos adakan Baksos di Palu. (f/humas)

Mjnews.id – Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini tinjau kondisi 186 warga Kecamatan Sausu dalam acara Bakti Sosial Kementerian Sosial Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan Penyerahan Bantuan ATENSI di Kecamatan Sausu, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, pada Selasa 5 Maret 2024.

Di sana, Mensos menemukan banyak warga menderita katarak, anak-anak penderita cerebral palsy pun cukup banyak ditemukan.

Mensos yang tidak menduga hal ini sebelumnya pun dengan segera menggerakkan stafnya dan berbagai pihak terkait agar warga bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut.

“Saya nggak ngira sama sekali. Awalnya saya mau cek rumah saja, tapi sekarang itu sudah clear. Jadi sekarang kita akan tangani, kita usahakan sebelum puasa akan mengadakan operasi katarak di Palu,” ujar Mensos Risma.

Sebanyak 186 warga berasal dari 9 desa di Kecamatan Sausu. Mereka datang untuk memeriksakan kesehatan dan menerima bantuan.

Dari jumlah tersebut, 158 merupakan lansia, 6 orang merupakan penyandang disabilitas dan 22 lainnya adalah penerima manfaat anak-anak.

Dari sekian banyak lansia yang hadir, mata jeli Mensos Risma pun tertuju pada kondisi penglihatan para lansia. Banyak di antara mereka yang nampaknya menderita katarak.

Mensos langsung mengimbau agar mereka bersedia untuk menjalani operasi katarak. Kementerian Sosial akan membantu biaya akomodasinya dan warga pun tak perlu mengeluarkan sepeser pun.

“Kalau ada potensi katarak, kalau banyak akan kami adakan operasi katarak di palu. Nanti bapak ibu tidak perlu cari penginapan. Bisa menginap di balai kami, kami semua yang biayain,” tutur Mensos menjawab kecemasan para lansia itu akan biaya operasi dan akomodasi.

Selain katarak, Mensos juga memperhatikan jumlah penderita cerebral palsy yang cukup banyak di area tersebut.

Kami Hadir di Google News