BeritaJawa BaratParlemenSeleb

Pakai Foto dengan Ekspresi Aneh, Komeng Teratas dalam Pemilu Legislatif DPD Jabar

208
×

Pakai Foto dengan Ekspresi Aneh, Komeng Teratas dalam Pemilu Legislatif DPD Jabar

Sebarkan artikel ini
Foto Komeng di lembar surat suara Pemilu 2024

Mjnews.id – Alfiansyah Bustami atau lebih dikenal dengan Komeng, muncul sebagai kandidat teratas dalam perolehan suara resmi Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) Jawa Barat untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Komeng sendiri maju di Pileg DPD Jabar 2024 lewat jalur independen dengan nomor urut 10. Pria kelahiran 25 Agustus 1970 ini viral di media sosial setelah foto dirinya dengan ekspresi aneh terpampang di kertas suara.

Berikut rangkuman yang sebenarnya dari KPU, yang hasilnya masih lebih baik dibandingkan calon DPD Jabar lainnya.

Real Count Komeng Hari Ini

Berdasarkan data real count yang dirilis KPU melalui laman Info Publik Pemilu 2024 di https://pemilu2024.kpu.go.id pada Sabtu, 17 Februari 2024 pukul 18.30 WIB, terdapat 52,15 persen suara yang masuk atau 73.255 dari total 140.457 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Adapun Komeng mendapatkan 12,37 persen atau 1.545.137 suara.

Di posisi kedua, ada pengusaha bernama Aanya Rina Casmayanti yang juga memperkenalkan diri sebagai anggota DPD. Aanya meraih 5,05 persen atau 439.321 suara dari warga Jabar.

Berikutnya aktris Jihan Fahira berada di posisi ketiga. Juara kedua pada pemilu Sampul GADIS 1993 itu memperoleh 4,41 persen atau 383.555 suara.

Alasan Pakai Foto Unik di Surat Suara

Dalam surat tersebut, Komeng menuliskan namanya sebagai Alfiansyah Komeng. Ia menggunakan foto dengan mata melotot, mulut terbuka, dan alis terangkat.

Menanggapi namanya tersebar di banyak jejaring sosial, ia mengucapkan terima kasih kepada mereka yang telah memilih.

“Terima kasih semuanya yang telah memilih saya hari ini. Lumayan kalau tinggal satu barolong (lubang). Mari kita buat sistem pemerintahan lebih lucu,” katanya dalam salah satu media sosial yang disampaikan, Rabu, 14 Februari 2024.

Saat ditanya alasan memilih foto unik tersebut, Komeng menjelaskan, KPU memintanya untuk mengenakan pakaian ciri khasnya.

“Soal foto, KPU kemudian meminta foto untuk surat suara, KPU menyarankan untuk memakai pakaian khas atau baju adatnya, tapi saya tunjukkan foto ini, masyarakat KPU tertawa terbahak-bahak,” ujarnya dalam satu sosial media.

Ia pun mengungkapkan, dirinya hanya ingin tampil berbeda asalkan tidak melanggar aturan KPU.

“Lalu saya berkata, ‘Bolehkah saya atau tidak?’ sebagai lelucon,” katanya.

Ingin Mewujudkan Kesenian Budaya Indonesia

Meski hanya menggunakan satu foto, Komeng pun mengaku serius mempertimbangkan untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPD 2024.

Mantan presenter TV Spontan ini mengepalai misi mewujudkan aspirasi seniman Tanah Air.

“Saya bisa mencontoh Korea, dengan seni dan budayanya, negara ini bisa mengalahkan negara lain melalui seni dan budaya, drakor (drama Korea), K-pop dan masakan, bahkan pendapatan dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) hampir 12 angka,” ujarnya.

Pencalonan Komeng sebagai calon anggota DPRD daerah pemilihan Jawa Barat sungguh menghebohkan masyarakat. Pasalnya, ia belum pernah melihat kampanye tersebut, baik di orang atau dengan perlengkapan pesta kampanye (APK).

Sebelum memutuskan mencalonkan diri pada pemilu 2024, Komeng dikenal sebagai pembawa acara, komedian, penyiar, dan bintang iklan TV.

Usai berkeliling dunia hiburan, ia mendaftar sebagai calon DPD ke KPU Jawa Barat di Bandung pada Sabtu, 13 Mei 2023.

(*)

Kami Hadir di Google News