Wisata

Rombongan Disparpora Agam Kunjungi Destinasi Sejarah Batu Luhak Nan Tigo Tanah Datar

105
×

Rombongan Disparpora Agam Kunjungi Destinasi Sejarah Batu Luhak Nan Tigo Tanah Datar

Sebarkan artikel ini
Rombongan Disparpora Agam berada di Batu Luhak Nan Tigo
Rombongan Disparpora Agam berada di Batu Luhak Nan Tigo. (ist)

mjnews.id – Tertarik dengan destinasi sejarah Batu Luhak Nan Tigo di Jorong Padang Datar, Nagari Pagaruyung, Tanah Datar, rombongan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kabupaten Agam berkunjung ke sana.

Rombongan yang dipimpin Kadis Parpora Agam Syatria bersama Kabid dan staf berada di destinasi Luhak Nan Tigo didampingi Kadis Parpora Tanah Datar Abdul Hakim dan Kabid Pariwisata Efrison.

Efrison mengutarakan, kedatangan rombongan Disparpora Agam yang berkeinginan besar menikmati dan melihat dari dekat kondisi Luhak Nan Tigo yang merupakan destinasi bernilai sejarah yang menjadi simbol terbentuknya tiga daerah, yakni Luhak Nan Tuo, Luhak Agam, dan Luhak Limopuluah.

“Destinasi wisata sejarah dan budaya Luhak Nan Tigo ini memang unik dan menarik. Air yang ada dalam tiga luhak ini tidak pernah kering walau musim kemarau panjang terjadi dan lanskap alam yang indah melatari sekelilingnya. Bila berada di atas batu yang berukuran besar, harus membaca Basmallah dan Surat Al-Fatihah, serta tidak boleh takabur atau mencemoohkan batu dan luak yang berisi air itu,” jelas Efrison, Selasa (13/10/2020).

Menurutnya, keberadaan batu Luhak Nan Tigo juga merupakan simbol terbentuknya tiga kabupaten yang dianggap menjadi ikon peradaban Minangkabau.

Di sisi lain, tambah Kabid, kunjungan rombongan dari Agam tersebut, juga bermaksud menyigi keberhasilan Pemkab Tanah Datar menggelar festival pesona Minangkabau yang telah mendapat apresiasi dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia sebagai salah satu dari 100 wonderful event Indonesia.

(*/irm)

Kami Hadir di Google News