PramukaSumatera Barat

Peringati Hari Pramuka ke-62, Kwarcab 0317 Pasaman Barat Adakan Apel Besar

131
×

Peringati Hari Pramuka ke-62, Kwarcab 0317 Pasaman Barat Adakan Apel Besar

Sebarkan artikel ini
Kwarcab 0317 Pasaman Barat Adakan Apel Besar
Kwarcab 0317 Pasaman Barat Adakan Apel Besar. (f/kominfo)

Mjnews.id – Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-62, Kwartir Cabang (Kwarcab) 0317 Gerakan Pramuka Pasaman Barat (Pasbar) menggelar apel besar yang dipimpin oleh Ka Kwarcab 0317 Pasbar, Risnawanto di Aula Kantor Bupati setempat, Senin (14/8/2023).

Apel dihadiri oleh Ketua Majelis Pembina Kwarcab Hamsuardi, kakak-kakak Forkopimda dan Anggota Majelis Pembina Kepala OPD setempat, serta Ketua GOW Fitri Risnawanto dan stakeholder terkait lainnya.

Ka Kwarcab 0317 Pasbar Risnawanto mengatakan tema utama peringatan Hari Pramuka ke-62 pada tahun 2023 ini adalah dengan peringatan Hari Pramuka ke-62 mari wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan.

“Tema ini menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional. Mencermati sumber daya manusia yang ada sekarang ini masih jauh dari yang kita harapkan,” katanya.

Di samping itu, lanjutnya Wawasan Kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara. Terlebih dalam waktu dekat akan menghadapi tahun politik, diharapkan persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan.

“Harus diakui, jumlah sumber daya manusia yang ada di Gerakan Pramuka, khususnya para Pembina Pramuka dan Pelatih Pembina Pramuka jumlahnya masih sangat terbatas. Oleh sebab itu, peningkatan jumlah dan kualitas Pembina serta Pelatih Pembina Pramuka harus terus dapat ditingkatkan. Saya berharap Kwartir di semua tingkatan harus dapat turut membantu peningkatan kualitas Gugus depan yang berada di wilayah masing-masing,” katanya.

Apalagi, lanjutnya pada tahun ini akan dilaksanakan sejumlah kegiatan nasional, diantaranya Raimuna Nasional, Perkemahan Bakti Satuan Karya (Pertisaka) Bakti Husada Tingkat Nasional, Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Putri-Putra Nasional (Musppanitra) serta Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka di Banda Aceh, Provinsi Aceh.

“Untuk itu, marilah kita bersama- sama untuk mendukung serta menyukseskan kegiatan-kegiatan tersebut,” ucapnya.

Ka Kwarcab Risnawanto berharap kepada kakak-kakak dan adik-adik Pramuka turut mendukung pelaksanaan berbagai kegiatan tingkat nasional tersebut. Khusus terkait Musppanitra dan Munas Gerakan Pramuka.

“Saya berharap agar Kwartir Daerah tidak sekadar memperhatikan soal pemilihan Ketua DKN dan Ketua Kwarnas saja, melainkan juga ikut membahas Rencana Strategis, Rencana Kerja, dan Program Kerja Gerakan Pramuka untuk lima tahun ke depan,” ujarnya.

Sementara itu, terkait dengan Rencana Strategis, Rencana Kerja dan Program Kerja, ia meminta perhatian kakak-kakak semuanya agar dapat untuk ikut membahasnya dengan sebaik mungkin agar jalannya aktivitas Gerakan Pramuka untuk lima tahun ke depan dapat semakin eksis dan lebih optimal.

(wal)

Kami Hadir di Google News