Way KananLampungPramuka

Kwarcab Way Kanan Peringati Hari Pramuka ke-62

111
×

Kwarcab Way Kanan Peringati Hari Pramuka ke-62

Sebarkan artikel ini
Kwarcab Way Kanan Peringati Hari Pramuka ke-62
Kwarcab Way Kanan Peringati Hari Pramuka ke-62. (f/kominfo)

Mjnews.id – Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Way Kanan, H. Ali Rahman menghadiri Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023 di Kampung Gelombang Panjang, Kecamatan Kasui, Senin (14/08/2023).

Membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso, Wabup Ali Rahman mengatakan bahwa pada 14 Agustus 2023 segenap anggota Gerakan Pramuka yang ada diseluruh Indonesia merasa bahagia dan bersyukur karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana yang kita cintai ini telah genap berusia 62 Tahun.

“Untuk itu, Gerakan Pramuka dapat terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program – progran Pemerintahan serta menangani pendidikan non formal dalam pembentukan karakter”, ujar Wabup Ali Rahman.

“Dengan Peringatan Hari Pramuka Ke-62, Mari Kita Wujudkan SDM Yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”, menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan SDM yang lebih professional, mencermati SDM yang ada sekarang ini masih jauh dari yang diharapkan.

Di samping itu, Wawasan Kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan tidak luntur, tetap menanmkan Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara, terlebih sekarang akan menghadari Tahun Politik, kiranya persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garga terdepan untuk merajuk persatuan dan kesatuan.

“Harus diakui, jumlah SDM yang ada di Gerakan Pramuka, khususnya para Pembina Pramuka dan Pelatih Pembina Pramuka jumlahnya masih sangat terbatas. Untuk itu, peningkatan jumlah dan kualitas Pembina serta Pelatih Pembina Pramuka harus terus dapat ditingkatkan,” katanya.

Selanjutnya, disampaikan pula bahwa pada Tahun ini akan dilaksanakan sejumlah kegiatan nasional, diantaranya Raimuna Nasional, Perkemahan Bakti Satuan Karya (Pertisaka) Bakti Husada Tingkat Nasional, Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Putra-Putri Nasional (Musppanitra) serta Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka di Banda Aceh Provinsi Aceh.

Diharapkan dapat mendukung pelaksanaan berbagai kegiatan Tingkat Nasional tersebut, juga diharapkan agar Kwartir Daerah tidak sekedar memperhatikan soal pemilihan Ketua DKN dan Ketua Kwarnas saja, melainkan juga ikut membahas Rencana Strategis, Rencana Kerja, dan Program Kerja Gerakan Pramuka untuk lima tahun kedepan.

Diingatkan pula dalam sambutannya, bahwa saat ini Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga sedang berupaya untuk memperbaiki UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan membangun sistem aplikasi yang mengarah kepada era digitalisasi agar Gerakan Pramuka tidak tertinggal serta dapat mengikuti perkembangan zaman dan pengembangan teknologi dan juga imformasi yang akan dapat menjadikan Gerakan Pramuka berdaya guna.

(kmf/ton)

Kami Hadir di Google News