Sumatera Barat

Pemkab Pasaman Barat Harapan II pada Penghargaan PPD 2023 tingkat Sumbar

106
×

Pemkab Pasaman Barat Harapan II pada Penghargaan PPD 2023 tingkat Sumbar

Sebarkan artikel ini
Pemkab Pasaman Barat Harapan II pada Penghargaan PPD 2023 tingkat Sumbar
Pemkab Pasaman Barat Harapan II pada Penghargaan PPD 2023 tingkat Sumbar. (f/kominfo)

Padang, Mjnews.id – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) memberikan penghargaan kepada 6 (enam) Kabupaten dan 4 (empat) Kota yang menjadi pemuncak dalam Penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD), Selasa (21/3/2023). Ini membuktikan upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat dalam memperbaiki sistem perencanaan pembangunan daerah mulai membuahkan hasil.

Penghargaan tersebut diserahkan dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Provinsi Sumbar Tahun 2024 di Pangeran’s Beach Hotel Padang.

Kabupaten Pasaman Barat meraih Harapan II pada Penghargaan PPD Tahun 2023. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi kepada Bupati Pasbar melalui Asisten bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Pasaman Barat, Drs. Joni Hendri, MM.

Penghargaan bergengsi di bidang pembangunan daerah itu untuk pertama kali diraih Kabupaten Pasaman Barat setelah melalui dua tahap penilaian, yakni penilaian dokumen RKPD dan kunjungan lapangan yang melibatkan tim penilai independen.

Penilaian Pembangunan Daerah ini mencakup tiga aspek, yakni Aspek Hasil, yakni capaian indikator kinerja makro daerah, yakni Angka Kemiskinan, Tingkat Pengangguran Terbuka, Gini Ratio, Indeks Pembangunan Manusia, dan Pertumbuhan Ekonomi.

Kedua, Dokumen Perencanaan yakni Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 dan Perubahan RKPD Tahun 2022, mencakup sinkronisasi dan keselarasan tema dan arah kebijakan pembangunan dengan pemerintah provinsi dan nasional, Dan Inovasi Daerah, yang diseleraskan dengan tema RKPD.

Pada kesempatan yang sama, Kabupaten Pasaman Barat juga meraih penghargaan Kategori Sangat Memuaskan dalam pelaksanaan Rencana Aksi Pengarusutamaan Gender (PUG) Tahun 2022, bersama 12 kabupaten/kota lainnya di Provinsi Sumatera Barat.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat atas komitmen pemerintah daerah dalam merencanakan dan melaksanakan program/kegiatan yang responsif gender.

Sementara itu, Kepala Bappelitbangda Kabupaten Pasaman Barat, Harlina Syahputri, SH MM merasa sangat bangga dengan penghargaan ini.

“Kita optimis bisa membenahi sistem perencanaan kita di masa mendatang, sehingga hasilnya lebih berdaya guna bagi masyarakat Pasaman Barat, karena bagaimanapun perencanaan dinilai berhasil jika dampaknya dirasakan oleh masyarakat,” katanya.

(wal)

Kami Hadir di Google News