Sumatera Barat

Baznas Kota Padang segera Bagikan 20 Ribu Paket Sembako

83
×

Baznas Kota Padang segera Bagikan 20 Ribu Paket Sembako

Sebarkan artikel ini
Baznas Kota Padang segera Bagikan 20 Ribu Paket Sembako
Kepala Pelaksana Baznas Kota Padang, Sintaro Abe bersama Humas Baznas, Syahrul Padli. (ist)

mjnews.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang akan bagikan bantuan 20.624 paket sembako untuk warga terdampak wabah Covid-19. Penerima sembako tersebut dihimpun dari rekomendasi masjid yang ada di Kota Padang.

“Kita Baznas memang sudah menggagas agar masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 ini dapat terbantu. Karena kita tahu banyak dari masyarakat kita yang mengalami masalah ekonomi akibat wabah ini,” sebut Kepala Pelaksana Baznas Kota Padang, Sintaro Abe, Rabu (29/4/2020).

Dikatakannya, bantuan yang diberikan Baznas tersebut bersumber dari donatur dan zakat yang masuk. Untuk itu, warga yang terdampak wabah dikategorikan miskin dalam asnaf delapan (penerima zakat).

Disampaikannya, sejatinya Baznas Kota Padang berupaya membagikan bantuan tersebut lebih cepat. Karena sudah banyak warga yang kesulitan akibat wabah, apalagi ada kebijakan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kebijakan tersebut kontan saja membuat aktivitas masyarakat menjadi terbatas. Akibatnya, penghasilan warga menjadi terganggu.

Hanya saja, Baznas berharap mereka yang mendapatkan bantuan adalah mereka yang tidak masuk dalam data penerima bantuan lainnya dari pemerintah. Untuk itu, Baznas harus mencari skema bagaimana bantuan tersebut tepat sasaran.

“Kita sudah menyurati semua masjid di Kota Padang untuk merekomendasikan 10 kepala keluarga penerima,” ujarnya.

Dari data Baznas Kota Padang mereka yang akan menerima bantuan itu nantinya adalah 16.380 KK dari rekomendasi masjid. Kemudian ditambah dengan 4.244 KK terdiri dari guru TPQ/TPQA 3.344 dan guru MDTA sebanyak 900 KK.

“Jadi totalnya sebanyak 20.624 dengan estimasi anggaran sekitar Rp3 miliar. Paling lambat sebelum 10 Mei sudah kita bagikan,” sebutnya.

Dijelaskannya, kriteria mereka yang mendapatkan bantuan tersebut yakni, beragama Islam karena dari dana zakat. Kemudian tidak menerima bantuan dari data pemerintah lainnya seperti penerima BLT, PKH dan BPNT.

“Nanti mereka juga menyerahkan data mereka saat penyerahan sembako,” ulasnya.

Selain memberikan bantuan sembako bagi masyarakat terdampak wabah Covid-19, Baznas Kota Padang juga sudah memberikan sejumlah bantuan dalam penanganan wabah covid-19.

Di antaranya melakukan pembagian masker gratis, pemberian Alat Pelindung Diri (APD) serta disinfektan. Setidaknya Baznas Kota Padang menyalurkan Rp4,5 miliar untuk membantu penanganan wabah Covid-19 di Kota Padang.

Keluarkan Zakat

Meski begitu, Baznas Kota Padang juga mengimbau bagi warga yang masih bisa membayarkan zakat hendaknya tetap menyalurkan zakat pada lembaga resmi, seperti Baznas.

Jika selama ini warga masih menyalurkan sendiri ke kampung, mengingat adanya kebijakan PSBB, Baznas berharap cukup disalurkan melalui Baznas.

“Kita tahu, wabah Covid-19 ini berdampak ekonomi yang parah. Untuk bagi yang masih bisa membayar zakat, karena wabah baru tiga bulan ini, hendaknya membayarkan zakat pada lembaga resmi,” pungkasnya. (*/hms)

Kami Hadir di Google News