ReligiSumatera Barat

Warga Tanah Datar Mulai Laksanakan Shalat Jumat

78
×

Warga Tanah Datar Mulai Laksanakan Shalat Jumat

Sebarkan artikel ini
Warga Tanah Datar Mulai Laksanakan Shalat Jumat
Warga melaksanakan Shalat Jumat di Masjid Nurul Amin Pagaruyung. (ist)
mjnews.id – Masjid di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mulai melaksanakan shalat Jumat dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 seperti jemaah memakai masker, membawa sajadah, menjaga jarak, dan diperiksa suhu tubuh.
Masjid Nurul Amin Pagaruyung menjadi percontohan penerapan protokol kesehatan di waktu pelaksanaan Salat Jumat. “Jemaah yang akan masuk masjid akan diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas yang ditunjuk, memakai masker, membawa sajadah, dan duduk berjarak dengan jemaah lainnya,” kata Pengurus Masjid Nurul Amin Pagaruyung, Imran pada Jumat (5/6/2020).
Ia menyebut sebelum pelaksanaan shalat Jumat, pengurus masjid melakukan penyemprotan disinfektan di dalam dan lingkungan masjid serta menandai tempat shalat bagi jemaah yang berjarak sekitar 1 meter.
“Ini Shalat Jumat perdana setelah 7 kali tidak melaksanakannya sejak mulai merebak COVID-19,” tutur Imran.
Sementara itu, Kabag Kesra Tanah Datar Afrizon menyampaikan pemkab membolehkan sebanyak 323 masjid di Luhak Nan Tuo untuk melaksanakan Shalat Jumat. keputusan ini diambil setelah melihat perkembangan kasus Covid-19 di Tanah Datar yang tidak ada penambahan kasus positif virus Corona.
“Izin pelaksanaan Shalat Jumat ini juga merujuk pada Surat Edaran Menteri Agama Nomor 15 tahun 2020 dan maklumat MUI Tanah Datar Nomor 06,” tutur Afrizon. (mus)

Kami Hadir di Google News