EkonomiSumatera Barat

Pengurusan Kartu AK-1 Pencaker Meningkat di Tanah Datar

118
×

Pengurusan Kartu AK-1 Pencaker Meningkat di Tanah Datar

Sebarkan artikel ini
Pengurusan Kartu AK-1 Pencaker Meningkat di Tanah Datar
Banyak pencari kerja pengurusan kartu AK-1 atau kartu kuning pada Dinas PMPTSP dan Naker Tanah Datar. (ist)
mjnews.id – Permintaan pengurusan kartu AK-1 atau kartu kuning pada Dinas PMPTSP dan Naker Tanah Datar, kian meningkat.
Peningkatan ini ditandai sejak dibukanya lowongan tenaga kerja pada perusahaan BUMD atau BUMN dan swasta lainnya, seperti PT. Bank Pembangunan Daerah atau Bank Nagari.
Kasi Pembinaan, Penempatan dan Perluasan Kerja, Dinas PMPTSP dan Naker Budi Syaputra, mengatakan, setiap harinya puluhan warga dari berbagai nagari di 14 kecamatan di Tanah Datar, datang mengurus kartu Pencari Kerja (Pencaker) di pelayanan AK-1. 
“Rata-rata, para pencaker hendak melamar pekerjaan akan memilih parusahaan perbankan, atau lowongan kerja lainnya yang saat ini dibuka,” jelas Budi saat ditemui, Jumat (17/7/2020).
Ia melihat, angka pencaker kian waktu meningkat karena sempitnya lapangan kerja sementara masyarakat Tanah Datar yang mencari kerja sangat tinggi.
Data dinas ini mencatat rata-rata pengurusan kartu AK-1 masih berusia muda dan didominasi oleh wanita. Selain tamatan SMA, juga masih mahasiswa aktif, atau yang tengah mengikuti perkuliahan.
Kata Budi, pengurusan kartu AK-1 akan meningkat melihat meninglatnya angka pencaker di Tanah Datar, dimana sejauh ini jumlah AK-1 telah diterbitkan hampir mencapai 500 lembar, tiap hari ada puluhan permintaan.
Ia meminta agar pencaker yang hendak mengurus AK-1 agar dapat menyiapkan berkas lengkap sebelum datang ke kantornya, agar tidak bolik-balik datang karena berkas tidak lengkap.
Untuk lebih lengkapnya syarat pengurusan AK-1 ini, bisa dilihat pencaker, karena infonya telah disebar hingga ke nagari. (mus)

Kami Hadir di Google News