Sumatera BaratWisata

300-an Pesepeda Telusuri Pesona Ladang Laweh Tanah Datar

111
×

300-an Pesepeda Telusuri Pesona Ladang Laweh Tanah Datar

Sebarkan artikel ini
jajal pesona alam di Jorong Ladang Laweh
Pecinta olahraga sepeda wisata, foto bersama sebelum menjajal pesona alam di Jorong Ladang Laweh, Danau Singkarak, dan Pusaran Anin pada kegiatan yang diikuti 300-an peserta sejauh 40-an kilometer. (musriadi musanif)

mjnews.id – Jorong Ladang Laweh di Nagari Batipuah Baruah, Tanah Datar memiliki pesona panorama yang indah. Selain hamparan sawah, dari perkampungan itu terhidang keelokan Gunung Marapi, Singgalang, dan Tandikek.

Tertarik menikmati pesona itu pulalah, Minggu (9/8/2020), 300-an pesepada melakukan gowes bareng. Selain dari Tanah Datar dan beberapa kota kabupaten lainnya di Sumbar, kegiatan itu juga diikuti pesepeda dari Riau dan Jambi. Mereka menjejal pesona di lintasan sepanjang kurang lebih 40 kilometer, mulai dari Ladang Laweh sampai Payorapuih dan Pusaran Angin, tempat indah dimana orang bisa menikmati Danau Singkarak secara utuh dari ketinggian.

Ketua Yayasan Annur Abdul Rahman Batipuah Mustafa Akmal Dt. Sidi Ali selaku penyelenggara men jelaskan, para peserta star dari halaman padepokan Yayasan Annur Abdul Rahman Jorong Ladang Laweh menuju Nagari Tambangan, Gunuang Bungsu, Payorapuih, Pusaran Angin, Gunuang Tajo, dan berakhir di tempat star semula.

“Para peserta terlihat menikmati suguhan alam kampung nan indah ini. Saya jadi terharu. Apalagi, kegiatan ini mendapat dukungan dari banyak pihak, terutama walijorong Ladang Laweh dan Walinagari Batipuah Baruah. Begitu pula dukungan dari Dina Pariwisata, komunitas pesepeda, dan masyarakat,” sebut Mustafa.

Menurutnya, suksesnya pelaksanaan kegiatan itu diharap dapat mendukung pengembangan pariwisata di nagari itu. Bila sudah ramai wisatawan yang datang, ujarna, maka kesempatan pula untuk mengembangan perekonomian masyarakat berbasi kerajinan dan ekonomi kreatif.

Kabid Olahraga Dinas Parpora Tanah Datar, Jimi Saputra menjelaskan, pihaknya sangat mendukung kegiatan itu, temasuk juga komunitas epea MTB Van der Capellen Batusangkar.

“Kami amat memujikan inovasi kegiatan Yayasan Annur Abdul Rahman ini, bila dahulu dikenal dengan Perguruan Silat Taduang Bangkeh dan pembelajaran tahfidz Alquran, maka sudah pula menggarap sektor pariwisata melalui kegiatan gowes. Semoga bisa semakin berkembang di masa mendatang,” katanya.

Sementara itu, anggota KTS Padang yang menjadi koordinator pada kegiatan itu; Irwan Palimo menyatakan, pihaknya memberi apresiasi dan penghargaan kepada semua peserta, tercatat berasal dari 75 komunitas pesepada “Kegiatan ini sukses berkat kerjasama yang baik dari para peserta. Untuk itu kami ucapkan terima kasih,” katanya.

Menurutnya, kegiatan olahraga bersepeda itu merupakan bagian penting pula dari usaha pengem bangan pariwisata, sebagai prioritas program di lingkup Pemkab Tanah Datar. Kalau usaha ini berkembang, tegasnya, maka diyakini akan berakibat pula terhadap perbaikan perekonomian masyarakat sekitar. (mus)

Kami Hadir di Google News