HeadlineReligiSumatera Barat

Gubernur: Seleksi Peserta Sumbar untuk MTQ Nasional Sudah Sesuai Aturan

78
×

Gubernur: Seleksi Peserta Sumbar untuk MTQ Nasional Sudah Sesuai Aturan

Sebarkan artikel ini
irwan prayitno
Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno.

mjnews.id – Gubernur Irwan Prayitno memastikan proses seleksi peserta qari/qariah yang akan mewakili Sumatera Barat (Sumbar) pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional sudah berjalan sesuai aturan. Untuk itu tidak ada yang boleh memaksakan kehendak dalam menentukan peserta MTQ.

“Jangan ada pemaksaan kehendak. Tidak terpilih, kemudian ngotot harus masuk. Sampai saat ini semuanya sudah sesuai aturan,” sebut Gubernur Irwan Prayitno, Minggu (18/10/2020).

Dijelaskannya, dalam menentukan peserta mewakili Sumbar adalah sejumlah pelatih yang memang sudah jelas kompetensinya. Kemudian mengeluarkan penilaian dan merekomendasikan siapa yang akan mewakili Sumbar.

Sementara, orang-orang yang diseleksi itu adalah pemenang di MTQ tingkat provinsi di Kota Pariaman, Pemenang MTQ tingkat Provinsi di Kota Solok, kemudian yang berprestasi tingkat nasional.

Dari mereka tersebut kemudian dilakukan pemusatan latihan. Setelah pemusatan latihan, terakhir dilakukan penilaian, siapa yang terbaik dari nama-nama yang sudah diseleksi. Mereka sudah dipilih secara objektif. 

“Untuk menilai itu sampai tiga pelatih, dari merekalah ditetapkan siapa yang terpilih mewakili Sumbar. Dan proses itu sampai saat ini sudah berjalan sesuai aturan,” ungkapnya.

Menurutnya, jika ada yang keberatan selama ini, ada yang ngotot untuk masuk menjadi peserta, ada yang memaksakan anak didiknya untuk mewakili Sumbar, itu patut dipertanyakan motivasinya.

“Kecurigaan tanpa dasar, kecurigaan itu yang tidak baik. Padahal secara objektif sudah dinilai. Yang ngotot ini justeru yang perlu kita pertanyakan. Menuntut ingin masuk, ada apa?” sebut Irwan.

Persiapan

Sementara itu persiapan pembukaan MTQ sudah mencapai 90 persen. Untuk lokasi, 12 venue sudah selesai. Persiapan pelaksanaan juga sudah matang, termasuk sosialisasi pada publik terkait pelaksaaan MTQ nasional di Sumbar.

“Mudah-mudahan pelaksanaan dapat berjalan lancar,” sebut Irwan.

Dalam pelaksanaan MTQ Nasional di Sumbar, Pemprov Sumbar juga memberikan ruang pada seniman, budayawan. kerator lingkup orang Minang di Sumbar sehingga muncul beberapa video dan pertunjukan, akan ditampilkan. Memberikan ciri khas, Minang yang berfilosofi Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah.

Untuk pembukaan ini, Dinas Kebudayaan Sumbar melibatkan sebanyak 16 komunitas seni kreator dan filem. Para seniman ini dikoordinir Dinas Kebudayaan. 

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar, Gemala Ranti, mengatakan, MTQ Nasional di Sumbar jadi ajang yang sangat dirindukan masyarakat. Bukan hanya karena rentang penantian yang panjang untuk menjadi tuan rumah, tapi juga karena MTQ bagian dari tradisi masyarakat.

(eds)

Kami Hadir di Google News