Sumatera BaratWisata

Pameran Pasar Nusantara di Padang, Berwisata di Dalam Negeri Saja

73
×

Pameran Pasar Nusantara di Padang, Berwisata di Dalam Negeri Saja

Sebarkan artikel ini
Pameran Pasar Nusantara di Padang
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan lokal lewat Pameran Pasar Nusantara. (Antara)

mjnews.id – Kendati di masa Covid-19. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenkraf) berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan. Namun, dalam kondisi Covid-19 saat ini, Kemenkraf memfokuskan pada wisatawan lokal.

Beranjak dari itu, Kemenkraf menggelar Pameran Pasar Nusantara pada beberapa kota di Indonesia yang salah satunya di Padang. Kegiatan itu berlangsung selama 2 hari, 14-15 November 2020 di Basko Grand Mall.

“Wisatawan nusantara diharapkan jadi harapan percepatan pemulihan sektor pariwisata di Tanah Air, untuk itu Kementerian menggelar Pameran Pasar Nusantara di Padang pada 14-15 November 2020,” kata Koordinator Area II Pemasaran Pariwisata Regional I Kemenparekraf Nailis Saadah di Padang, Sabtu (14/11/2020) saat membuka kegiatan tersebut.

Disebutkan Nailis Saadah, pada pasar nusantara ini memang menonjolkan destinasi andalan di sejumlah daerah di Tanah Air.

Lebih jauh disebutkan, pameran misi penjualan pasar nusantara merupakan penjualan paket wisata nusantara yang digelar di pusat perbelanjaan diikuti biro perjalanan, maskapai, travel, perhotelan hingga pengelola objek wisata.

“Di Padang pameran pasar nusantara ini diikuti tujuh travel agen yang fokus menjual paket pariwisata nusantara,” kata dia.

Ia memastikan penyelenggaraan pameran tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan penyediaan hand sanitizer, masker di meja informasi, pengukuran suhu tubuh pengunjung, pembatasan jumlah orang di area, akses keluar masuk yang dipisah dan partisi pembatas pada meja peserta.

Nailis mengakui sejak pandemi kunjungan wisatawan asing ke Tanah Air benar-benar anjlok karena tidak ada penerbangan dari luar negeri.

“Oleh sebab itu yang menjadi andalan adalah wisatawan domestik kendati Maret, April Mei juga turun drastis,” ujarnya.

Ia menyampaikan saat ini geliat wisatawan nusantara kembali bangkit dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan.

“Untuk kondisi normal seperti dulu memang belum diketahui karena kita tidak tahu Covid-19 kapan berakhir,“ katanya.

Ia berharap dengan menjual paket wisata nusantara sektor pariwisata dapat segera bangkit kembali secara perlahan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Panitia kegiatan, Ari mengatakan, penjualan pasar seni nusantara ini sebelumnya telah dilaksanakan di Batam, Yogyakarta dan beberapa kota lainnya.

Antusias masyarakat dan pelaku usaha cukup tinggi di Kota Padang. Itu ditunjukan dengan banyaknya pengunjung yang hadir.

Ari menambahkan, Covid-19 bukan berarti berhenti berwisata namun tetap berwisata dengan menjalankan protokol kesehatan.

(ant/eds)

Kami Hadir di Google News