EkonomiSumatera Barat

Kementerian Kominfo Gandeng RRI Padang Kemas Kemas Festival Virtual Sumarak Minang Paga Nagari

98
×

Kementerian Kominfo Gandeng RRI Padang Kemas Kemas Festival Virtual Sumarak Minang Paga Nagari

Sebarkan artikel ini
festival virtual Sumarak Minang Paga Nagari 2020
Pagelaran Budaya Sumarak Minang Paga Nagari secara virtual di RRI Kota Padang pada Jumat (20/11/2020. Agenda tersebut merupakan upaya dalam penanganan Covid-19 dan percepatan ekonomi. (ist)

mjnews.id – Kementerian Kominfo mensosialisasikan penanganan, vaksinasi Covid-19, serta memperkuat perekonomian masyarakat di tengah pandemi.

Sosialisasi ini digelar dengan menggandeng Radio Republik Indonesia (RRI) Padang, dengan mengemas festival virtual Sumarak Minang Paga Nagari, Jumat (20/11/2020) malam.

Dalam sosialisasi ini, RRI Padang menghadirkan beragam seni dan budaya Minang yang dikemas secara virtual dan disiarkan di seluruh frekuensi radio maupun internet.

“Kegiatan ini kita sengaja bekerjasama seluruh media yang ada di Indonesia, termasuk RRI. Dalam sosialisasi ini, kita kemas sesuai dengan kearifan lokal daerah,” kata Irjen Kominfo RI, Doddy Setiadi, Jumat (20/11/2020).

Doddy mengatakan, pihaknya sengaja mengkemas kegiatan ini secara virtual karena mengingat kebijakan pemerintah, untuk tidak berkerumun di tengah pandemi.

“Kita tidak mengundang siapa pun, dan tidak kumpul-kumpul. Masyarakat cukup mendengarkan di frekuensi radio dan RRInet,” ujar Doddy.

Selain bekerjasama dengan RRI, sosialisasi ini juga bekerjasama dengan media massa dan elektronik. “Kita gunakan semua media penyiaran,” katanya.

Dikatakan, di tengah pandemi ini semua elemen harus bekerjasama untuk pemulihan ekonomi, karena dampak wabah Covid-19 yang melanda Indonesia.

“Di Padang kita mengangkat ?kultur budaya Minang. Selain mengenalkan kembali budaya ini, kita juga memberikan kesempatan pelaku seni, untuk bisa berkarya,” ujarnya.

“Jadi kita juga menghidupi para seniman. Dengan adanya kegiatan, pemerintah hadir untuk memberikan sedikit banyaknya sumbangsih kepada pelaku seni,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala LPP RRI Padang, Khalidiraya, mengatakan, dalam kegiatan ini, pihaknya menghadirkan sejumlah pelaku seni dengan menyematkan beberapa dokumentasi video setiap daerah yang ada di Sumbar.

“Kita sengaja mengangkat kearifan lokal, dengan harapan tujuan sosialisasi ini mengena kepada masyarakat Sumbar,” kata Khalidiraya.

Terakhir dia mengatakan, dengan adanya kegiatan ini masyarakat sendiri lebih paham dan mengerti untuk memprotek diri masing-masing dari Covid-19. Dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Jadi, kita juga menghadirkan narasumber di bidang kesehatan dan budayawan. Dengan begitu kegiatan ini bisa sejalan, dan masyarakat bisa lebih paham akan pentingnya protokol kesehatan,” tutupnya.

(eds)

Kami Hadir di Google News