Sport

Perguruan Pencak Silat Tangan Mas Gelar Kejuaraan Jurus Tunggal

135
×

Perguruan Pencak Silat Tangan Mas Gelar Kejuaraan Jurus Tunggal

Sebarkan artikel ini
Perguruan Pencak Silat Tangan Mas Gelar Kejuaraan Jurus Tunggal
Perguruan Pencak Silat Tangan Mas Kabupaten Agam, menggelar kejuaraan pencak silat jurus tunggal tingkat pelajar SD, SMP dan SMA, di Padepokan Silat Tangan Mas, Padang Baru, Lubuk Basung, Minggu (27/12/2020). (ist)

mjnews.id – Perguruan Pencak Silat Tangan Mas Kabupaten Agam, menggelar kejuaraan pencak silat jurus tunggal tingkat pelajar SD, SMP dan SMA, di Padepokan Silat Tangan Mas, Padang Baru, Lubuk Basung, Minggu (27/12/2020).

Ketua Dewan Guru Silat Tangan Mas Kabupaten Agam, Asrial mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari, 26-27 Desember 2020. “Kejuaraan diikuti lebih kurang sebanyak 80 peserta,” katanya.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pembinaan dan memotivasi mental tanding bagi atletnya. “Alhamdulillah, kejuaraan pencak silat jurus tunggal ini berjalan dengan aman dan lancar. Minggu (27/12/2020) adalah hari terakhir pertandingan, dilanjutkan dengan pengumuman juara, baik di tingkat SD, SMP, maupun SMA,” katanya.

Kegiatan ini diadakan untuk memotivasi mental tanding bagi para atlet pemula dalam ketangkasan gerak baku jurus tunggal, yang terdiri dari tangan kosong, golok dan tongkat.

“Meskipun pertandingannya hanya dalam satu perguruan saja, namun penilaiannya sama persis dengan kejuaraan di tingkat provinsi maupun nasional, dimana peserta akan diberi waktu selama tiga menit untuk memperagakan gerak baku jurus tunggal tersebut,” katanya.

Pihaknya juga memberi hadiah bagi peserta yang keluar sebagai juara, baik juara I, II, dan III, sesuai dengan poin yang diperolehnya berupa piagam dan medali.

Selain itu, kegiatan ini dibuat agar anak-anak tidak jenuh dalam berlatih. Sebab, tanpa uji tanding prestasi tidak akan tercapai. “Kegiatan ini merupakan program dari Perguruan Silat Tangan Mas Kabupaten Agam pada tahun 2020,” katanya.

Direncanakan, tahun 2021 mendatang, pihaknya bakal menggelar kejuaraan laga di tingkat SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Agam. Untuk tingkat SMP dan SMA digelar 9-10 Januari 2021, dan untuk tingkat SD 16-17 Januari 2021. Sedangkan untuk kejuaraan tangan mas terbuka tingkat Sumbar, Riau dan Jambi, direncanakan pada April 2021.

(mur/irm)

Kami Hadir di Google News