Sport

Inkanas Kota Payakumbuh Gelar Ujian Kyu Semester I 2020

79
×

Inkanas Kota Payakumbuh Gelar Ujian Kyu Semester I 2020

Sebarkan artikel ini
hamdi agus
Ketua Umum Inkanas Kota Payakumbuh, Hamdi Agus

mjnews.id – Sebanyak 145 orang dari berbagai dojo di Kota Payakumbuh, mengikuti ujian Kyu Semester I tahun 2020. Ujian yang dilaksanakan di tengah pandemi ini, tetap mematuhi protokol kesehatan. Peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok dan tetap menjaga jarak.

Ketua Umum Inkanas Kota Payakumbuh yang juga Ketua DPRD setempat, Hamdi Agus, saat membuka ujian itu, Minggu (13/09/2020), mengucapkan selamat melaksanakan ujian pada para peserta. Selain itu, ketua umum ini juga menyampaikan, bahwa jiwa sportivitas sangat diperlukan. 

“Karena sikap dan tauladan dari karate beraliran sotokhan ini akan bisa membawa harum nama daerah, yaitu Kota Payakumbuh di kancah yang lebih tinggi. Untuk itu, jagalah selalu jiwa sportivitas itu dengan menghargai kawan maupun lawan dalam pertandingan,” ujarnya.

Menurutnya, ujian kyu ini merupakan kegiatan yang dilakukan secara berkala setiap semester. Namun karena pandemi yang tengah melanda, baru bisa dilakukan kali ini.

“Di samping merupakan ujian rutin berkala, kegiatan ini juga digunakan untuk mencari bakat baru dan menjaring karateka yang berkualitas. Kemudian mereka diberikan kesempatan mengikuti even kejuaraan-kejuaraan yang digelar. Karena olahraga beladiri karate ini selain memberikan keahlian dalam ilmu beladiri juga bertujuan untuk menjadikan manusia yang sehat, kuat dan tangguh. Sehingga dapat menjadi generasi masa depan yang berdaya saing tinggi. Dengan generasi yang sehat, tentunya akan dapat mengejar cita-citanya dengan lebih baik,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua panitia ujian kyu Senshei Eridanus, Selasa (22/9/2020) mengatakan, peserta ujian terdiri dari 145 orang, yang berasal dari Dojo SDN 31 Payakumbuh sebanyak 16 orang, Dojo Luak Lasahan sebanyak 21 orang, Dojo KTS Pesantren sebanyak 25 orang, Dojo SDN 06 Batu Payung sebanyak 26 orang dan Dojo Balaikota sebanyak 52 orang.

“Ujian ini didasarkan pada Surat Pengda Inkanas SB No: 211/Pengda-Ikns/SB/VIII/2020 tanggal 12 Agustus 2020 tentang Pelaksanaan Ujian Kyu smester 1-2020. Selain itu, setelah melakukan rapat MSH Pengcab Inkanas beberapa waktu lalu, maka diputuskan juga untuk menggelar ujian kyu ini,” ucapnya.

Dikatakan, tim penguji sebanyak 13 orang, merupakan Majelis Sabuk Hitam dari Pengcab Inkanas Kota Payakumbuh dan 2 orang dari MSH Senior Pengda Inkanas Sumbar, Senpai Subarnito dan Senpai Munandar Maska DAN IV. 

“Untuk peserta ujian terbaik di masing-masing tingkatan akan mendapat sabuk. Sedangkan untuk pembiayaan diambilkan dari uang ujian anggota sesuai ketentuan Pengda Inkanas SB untuk Ujian Kyu semester 1/2020 ini,” katanya.

Selain pelaksanaan ujian kyu itu, juga ditampilkan para karateka untuk peragaan, dimana trio beregu pemula putra yang terdiri dari Dani, Chesta dan Arista, membawakan jurus kata dengan mantapnya.

(Taufik)

Kami Hadir di Google News