Sport

Pengurus Cabang Inkanas Kota Payakumbuh Dikukuhkan

82
×

Pengurus Cabang Inkanas Kota Payakumbuh Dikukuhkan

Sebarkan artikel ini
Pengurus Cabang Inkanas Kota Payakumbuh
Pengurus Cabang Inkanas Kota Payakumbuh

mjnews.id – Prestasi yang ditorehkan Kota Payakumbuh dalam cabang beladiri tidak perlu diragukan lagi. Apalagi dalam cabang karate, yang cukup mengharumkan nama Sumatera Barat, dengan atlet-atlet berprestasinya. Prestasi itu, ingin terus dipertahankan oleh kepala daerah baik untuk ajang regional, nasional maupun internasional. Untuk menunjang itu semua, Pemko melalui dinas terkait telah membangun sarana penunjang, yang siap untuk mencetak atlit berprestasi.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Selasa (29/9/2020), menyampaikan hal itu. Menurutnya, setelah dilakukan pengukuhan Pengurus Cabang (Pengcab) Institut Karate-Do Nasional (Inkanas) Kota Payakumbuh masa bakti 2020-2024, dirinya ingin agar prestasi yang telah ditorehkan selama ini bisa terus dipertahankan.

“Kami dari Pemko Payakumbuh mengucapkan selamat kepada Pengcab Inkanas Kota Payakumbuh yang baru saja di lantik. Kita selalu mendukung pembinaan atlet olahraga termasuk keberadaan atlet Inkanas melalui penganggaran di Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, lewat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Payakumbuh. Tertumpang harapan agar Pengcab Inkanas Payakumbuh terus meningkatkan pelatihan-pelatihan dan pemantapan kepada calon bibit karateka yang akan dibina dan direkrut di masa yang akan datang,” ujarnya.

Menurutnya, untuk mendukung itu, Pemko sedang membangun Gedung Olah Raga (GOR) Type B untuk kebutuhan olahraga dalam ruangan yang sudah berstandar nasional melalui dana alokasi khusus (DAK) di kawasan Batang Agam. Tepatnya Kelurahan Tanjung Pauh, Kecamatan Payakumbuh Barat. Selain itu, dirnya juga tengah mengebut pembuatan area olahraga terbuka di Kawasan Padang Kaduduak, Kecamatan Payakumbuh Utara.

“Mudah-mudahan seluruh sarana penunjang aktifitas olahraga masyarakat di Kota Payakumbuh, yang saat ini tengah kita bangun ini dapat memberikan kontribusi nyata guna memfasitasi atlet-atlet kita. Serta bisa menjadi sarana menuju masyarakat yang hidup sehat serta rajin berolah raga,” tambah Riza.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, telah mengukuhkan Pengcab Inkanas Kota Payakumbuh masa bakti 2020-2024, di Aula SMKN 2 Payakumbuh. Sensei Irwan Prayitno merupakan Karateka yang pernah mengikuti ujian teknik Dan 6 yang diuji langsung majelis dewan guru (MDG) dan majelis tinggi dewan guru (MTDG) PB INKANAS Pusat, sama dengan Gubernur terdahulu Gamawan Fauzi. Saat ini, Irwan Prayitno dipercaya sebagai Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Inkanas Sumbar Periode 2016-2020.

“Prestasi yang ditorehkan Payakumbuh dengan mengirimkan dua orang atlitnya mewakili Sumbar di ajang PON sangat membanggakan. Semoga dapat memicu Pengcab lain untuk harus lebih rajin dan memantapkan karateka mereka. Perhatian pengurus dan sinergi dengan pemerintah daerahnya, sangat diperlukan juga untuk memacu bibit-bibit unggul yang akan mengharumkan nama daerah,” kata Gubernur Irwan.

Sementara itu, Ketua Umum Pengcab Inkanas Kota Payakumbuh Hamdi Agus, didampingi Ketua Harian Sensei Eri Danus, yang dihubungi terpisah, mengatakan, pengurus menyampaikan ucapan terimakasih atas mandat dan kepercayaan yang telah diberikan Pengda Inkanas Sumbar dengan pengukuhan ini.

“Mewakili seluruh pengurus, kita sampaikan apresiasi kepada gubernur dan walikota, serta dukungan pengurus Pengcab dan Pengda Inkanas se-Sumatera Barat. Kita berharap dengan diberikan amanah ini, dapat terus meningkatkan prestasi dan banyak melahirkan karateka hebat untuk dapat terus bersaing di kancah nasional maupun internasional,” ucap Hamdi Agus, yang juga merupakan Ketua DPRD Kota Payakumbuh.

(Taufik)

Kami Hadir di Google News