Pesisir BaratLampung

Rapat Bersama Ditjen Kemendes PDTT, Pemkab Pesisir Barat Bahas Hal Ini

119
×

Rapat Bersama Ditjen Kemendes PDTT, Pemkab Pesisir Barat Bahas Hal Ini

Sebarkan artikel ini
Pemkab Pesisir Barat Rapat Bersama Ditjen Kemendes PDTT
Pemkab Pesisir Barat Rapat Bersama Ditjen Kemendes PDTT. (f/kominfo)

Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat menggelar rapat dengan Direktorat Jenderal Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk membahas peningkatan kapasitas masyarakat dalam program sivopastire dalam revitalisasi kawasan Pesisir Barat.

Rapat berlangsung di Lantai 3 Gedung A Komplek Perkantoran Pemkab Pesibar pada Senin (24/7/2023).

Rapat tersebut membahas beberapa agenda, di antaranya program bantuan tenaga surya untuk penerangan lampu jalan sebanyak 500 unit di Pesisir Barat. Selain itu, juga diperkenalkan program aplikasi desa digital atau smart village, yang bertujuan untuk mengembangkan potensi desa dalam aspek sosial dan ekonomi dengan memanfaatkan teknologi. Penguatan sinyal internet juga menjadi topik utama dalam rapat karena masih terdapat kendala pada kualitas sinyal internet di desa-desa di Pesisir Barat.

Dalam rapat, juga dibahas tentang rencana bantuan pembangunan sarana air bersih di tingkat pekon yang akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUM-Desa) atau Pekon.

Plt. Sekda Jon Edwar menyambut baik rencana pembangunan tersebut dan siap memfasilitasinya. Namun, ia juga meminta pekon-pekon yang menjadi titik pemasangan lampu jalan untuk berkomitmen menjaga dan merawat fasilitas umum tersebut selama tiga tahun.

Rencananya, 500 unit lampu jalan tersebut akan dipasang di wilayah pariwisata seperti Tanjung Setia, Pantai Mandiri, Way Saral, dan Walur. Program aplikasi Desa Digital diharapkan dapat digunakan oleh 116 pekon di wilayah Pesibar untuk memudahkan pengelolaan anggaran dan layanan.

Pemkab Pesibar sangat mendukung rencana pembangunan sarana air bersih yang akan ditangani oleh BUM-Desa Pekon. Ketersediaan air bersih dianggap sebagai kebutuhan penting bagi masyarakat. Pemerintah berharap percepatan pembangunan penguat sinyal internet dapat dilaksanakan untuk mendukung program Smart City yang akan diterapkan di Pesibar.

Dengan adanya rapat ini, diharapkan program-program tersebut dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat di Pesisir Barat.

(Azr)

Kami Hadir di Google News