Sumatera Barat

Bagian Perekonomian Setdakab Pasbar Gelar Sosialisasi KUR bagi Petani dan Nelayan

105
×

Bagian Perekonomian Setdakab Pasbar Gelar Sosialisasi KUR bagi Petani dan Nelayan

Sebarkan artikel ini
Sosialisasi KUR bagi Petani dan Nelayan
Bagian Perekonomian Setdakab Pasbar Gelar Sosialisasi KUR bagi Petani dan Nelayan. (f/kominfo)

Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) mengadakan Sosialisasi Kredit Untuk Rakyat (KUR) khususnya bagi para Petani dan Nelayan sebagai bagian dari Upaya Percepatan Akses Keuangan Daerah tahun 2023.

Sosialisasi ini dipimpin oleh Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Pasbar, Endang Rirpinta, dan diikuti oleh perwakilan Kelompok Tani, perwakilan kelompok nelayan, dan juga didampingi oleh para penyuluh dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Pasaman Barat, serta stakeholder terkait lainnya.

KUR Tani merupakan program pemerintah yang mengalokasikan dana subsidi bunga sekitar 50 miliar rupiah yang disalurkan melalui Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) untuk membantu masyarakat yang mengajukan permodalan KUR ke Bank. Dengan adanya subsidi bunga ini, diharapkan para petani dan nelayan dapat merasakan kemudahan dan mendapatkan keringanan dalam mencicil serta lebih giat dalam meningkatkan produksi hasil pertanian dan hasil tangkapannya.

Pada tahap awal, program KUR ini bekerja sama dengan Bank Nagari untuk menyosialisasikan produk KUR-nya. Selanjutnya, pihak TPAKD Pasbar akan mengajak bank-bank milik negara lainnya untuk turut serta dalam mensosialisasikan program KUR di daerah tersebut. Hal ini bertujuan untuk membuka akses keuangan bagi masyarakat yang selama ini minim pengetahuan dan minim akses ke lembaga keuangan.

Kabag Perekonomian Endang Rirpinta menyampaikan bahwa Bupati Pasbar, Hamsuardi, telah menekankan kepada bagian Perekonomian dan TPAKD Pasbar untuk mendampingi masyarakat dalam mengakses keuangan ke lembaga-lembaga jasa keuangan. Mereka juga berkomitmen untuk membantu kelompok usaha dalam mendapatkan kemudahan dalam memperoleh permodalan. Bupati juga meminta kepada pihak bank untuk membuat lebih banyak kebijakan keringanan cicilan guna mengurangi risiko gagal bayar, terutama bagi debitur kelas menengah ke bawah.

Dengan sosialisasi dan dukungan dari pemerintah daerah, diharapkan masyarakat Pasbar, terutama petani dan nelayan, dapat memanfaatkan program KUR ini dengan baik untuk meningkatkan produksi dan kesejahteraan usaha mereka.

(wal)

Kami Hadir di Google News