Kesehatan

Gratis! Baznas Dharmasraya Bikin Rumah Singgah di Kota Padang

163
×

Gratis! Baznas Dharmasraya Bikin Rumah Singgah di Kota Padang

Sebarkan artikel ini
Rumah Singgah Baznas Dharmasraya di Padang
Rumah Singgah Baznas Dharmasraya di Padang.

mjnews.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Dharmasraya dalam beberapa tahun belakangan terus berinovasi dalam rangka menjalankan peran sosial demi meringankan beban ekonomi bagi warga kurang mampu.

Kali ini, Baznas Dharmasraya menyiapkan rumah singgah di Kota Padang. Rumah singgah ini untuk menampung warga Dharmasraya kurang mampu yang apabila kesulitan atau tidak punya dana untuk bayar penginapan. Contohnya, ada warga Dharmasraya yang ditunjuk atau berobat ke rumah sakit yang ada di Kota Padang, mereka bisa istirahat di rumah singgah tersebut.

Ketua Baznas Kabupaten Dharmasraya, H. A. Gani, melalui Wakil Ketua, Ridwan Syarif mengatakan, rumah singgah adalah sebuah upaya dalam ikut membantu meringankan beban keluarga pasien warga Dharmasraya yang dirujuk atau berobat ke rumah sakit yang ada di kota Padang.

“Program rumah singgah ini kita buat adalah untuk ikut ambil peran dalam meringankan beban keluarga yang sedang mengalami kesulitan, baik dari sisi ekonomi maupun penginapan saat rawat jalan atau kontrol ulang ke Kota Padang,” terangnya, Kamis (26/11/2020).

Ia berharap semoga aparatur pemerintah daerah dan orang-orang mampu agar lebih tergugah lagi hatinya untuk meningkatkan pembayaran zakat mereka melalui Baznas.

“Rumah singgah tersebut beralamat di jln.Sawahan no.37, atau lebih kurang 500 meter dari RSUP M.Djamil Padang, persisnya di depan RSJ Puti Bungsu Padang Timur.

“Untuk bisa menginap di rumah singgah Baznas ini ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi oleh calon penghuni, antara lain pasien yang bersangkutan mesti ber KTP Dharmasraya, surat keterangan tidak mampu dari Walinagari dan ada keterangan dari pihak rumah sakit yang menyatakan bahwa pasien tersebut memang sedang menjalani perawatan, kontrol ulang atau sebagai pendamping keluarga yang sedang dirawat di rumah sakit di kota Padang,” terangnya.

Ridwan menjelaskan, rumah singgah tersebut disediakan secara gratis, tidak dipungut biaya sepeserpun. Kecuali nanti kalau yang menginap berasal dari keluarga mampu. Sementara untuk kelengkapannya, rumah singgah itu telah dilengkapi dengan fasilitas listrik yang memadai, air bersih, peralatan memasak, dan di setiap kamar, dari 4 kamar tidur yang ada sudah disediakan kasur dan bantal.

“Semoga layanan ini dapat meringankan beban ekonomi masyarakat Dharmasraya,” pungkasnya.

(ron/rta)

Kami Hadir di Google News