Kesehatan

Puskesmas Guguak Panjang Bukittinggi Gelar Penyuluhan PHBS

73
×

Puskesmas Guguak Panjang Bukittinggi Gelar Penyuluhan PHBS

Sebarkan artikel ini
Puskesmas Guguak Panjang Bukittinggi
Puskesmas Guguak Panjang Bukittinggi.

MJNews.id – Guna meningkatkan pengetahuan peserta didik tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terutama terhindari dari penyebaran virus Covid-19, Puskesmas Guguak Panjang Kota Bukittinggi mengadakan penyuluhan kesehatan di sekolah tersebut, Kamis (25/2/2021).

Endang Puspitasari, SKM, Penyuluh Kesehatan dari Puskesmas Guguak Panjang dalam paparannya menjelaskan kegiatan penyuluhan kesehatan di masa pandemi Covid 19 penting dilaksanakan terutama di jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD). Mengapa penyuluhan ini dilaksanakan di SD, sambung Endang Puspitasari, karena pertimbangan murid SD masih belum mampu secara mandiri untuk menerapkan protokol kesehatan baik di rumah maupun di sekolah.

Kagiatan penyuluhan kesehatan yang melibatkan mahasiswa STKes ini mendapat respon dan antusias dari murid dan guru sehingga banyak memanfaatkan kesempatan ini untuk bertanya dan berdialog dengan tenaga kesehatan.

“Selama berada di sekolah, seluruh warga sekolah murid, guru dan tenaga kependidikan wajib menjalankan protokol kesehatan seperti pesan Ibu yakni pakai masker, cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak. Tidak hanya itu, agar semua kita peduli dan memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan sekolah dan tempat tinggal. Konsumsi makan bergizi dan seimbang, jangan lupa mengkonsumsi vitamin. Karena saat ini musim kemarau agar meminum air putih yang banyak”, ujar Endang Puspitasari sekaligus mengingatkan pihak sekolah menggiatkan program UKS di sekolah.

Sementara itu, Kepala SDIT Insan Kamil Bukittinggi Nasrullah,S.PdI menyampaikan terima kasih kepada Puskesmas Guguak Panjang yang telah melakukan penyuluhan kesehatan.

Menurut Nasrullah, penyuluhan ksehatan ini sangat bermanfaat bagi murid dan guru terutama dalam mengantisipasi penyebaran covid 19 di sekolah ini. Pihaknya siap menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah termasuk pihaknya juga siap untuk mengikuti vaksinasi sebagai upaya mencegah penyebaran virus Covid -19.

Ia pun berharap, jika murid dan guru sudah mengikuti program vaksinasi nanti, mudahan tahun pelajaran Juli 2021 nanti, kegiatan Belajar Mengajar dapat berlangsung seperti semula.

(ril)

Kami Hadir di Google News