ADVERTISEMENT
KemensosJawa Timur

Lansia Ini Kesulitan Berjalan, Bersyukur Dapat Bantuan Kemensos

80
×

Lansia Ini Kesulitan Berjalan, Bersyukur Dapat Bantuan Kemensos

Sebarkan artikel ini
Sentra Terpadu Kartini Temanggung memberikan respon cepat terhadap kondisi Kakek Iksan (59) dari Desa Semare, Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur
Sentra Terpadu Kartini Temanggung memberikan respon cepat terhadap kondisi Kakek Iksan (59) dari Desa Semare, Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. (f/humas)

Mjnews.id – Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Sentra Terpadu Kartini Temanggung memberikan respon cepat terhadap kondisi Kakek Iksan (59) dari Desa Semare, Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, yang mengalami kesulitan ekonomi untuk operasi melepas platina.

Kakek Iksan mengalami kesulitan berjalan setelah mengalami kecelakaan 7 tahun lalu dan kaki kirinya harus dipasangi pen.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Menteri Sosial Tri Rismaharini memerintahkan tim Sentra Terpadu Kartini Temanggung untuk merespon cepat. Tim Sentra berkoordinasi dengan Dinas Sosial, Pemerintahan Desa, serta Rumah Sakit Daerah (RSD) Kabupaten Nganjuk, untuk memberikan bantuan dan pendampingan kepada Kakek Iksan.

Baca Juga  Bupati Blitar Serahkan Bantuan Pendidikan untuk Mahasiswa Berprestasi dan Kurang Mampu

Kakek Iksan didampingi untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di RSD Nganjuk, Senin 15 Januari 2024, dan setelah observasi selama seminggu, kondisinya membaik. Kemudian, Kakek Iksan menjalani operasi lepas platina yang berjalan lancar.

“Pada 31 Januari sudah kontrol kembali, lukanya sudah mengering dan kondisinya sudah makin baik,” kata Sujaka Trimartono, Penyuluh Sosial Ahli Madya Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Kamis 1 Februari 2024.

Selain bantuan dalam pemulihan kesehatan, Kementerian Sosial memberikan kursi roda untuk memudahkan aktivitas Kakek Iksan. Bantuan lainnya meliputi pakaian, perlengkapan tidur, dan nutrisi melalui katering harian.

Baca Juga  Jadi Simbol Budaya Madura, Ketua DPD RI Berharap Kelestarian Karapan Sapi Dijaga

Pemerintah Desa juga akan mendukung pembuatan kamar mandi dan WC di dalam rumah Kakek Iksan, serta pengecatan tembok dan perbaikan jalan masuk rumah.

Kementerian Sosial bersama tim puskesmas akan terus memantau dan memberikan pendampingan terhadap kesehatan Kakek Iksan. Dinas Sosial Kabupaten Nganjuk juga akan mengusulkan agar Kakek Iksan mendapatkan bantuan permakanan disabilitas.

(Rel)