Berita

Walikota Padang Kunjungi Keltan Wardah Nurul Yakin Gurun Laweh

84
×

Walikota Padang Kunjungi Keltan Wardah Nurul Yakin Gurun Laweh

Sebarkan artikel ini
Walikota Padang Kunjungi Keltan Wadah Nurul Yakin
Walikota Mahyeldi bersama anggota Keltan Tanaman Hias Wardah Nurul Yakin. (hijjul abdi)

mjnews.id – Di penghujung 2020 lalu, merupakan hari yang sangat berkesan bagi Keltan (Kelompok Tani) Wardah Nurul Yakin Kelurahan Gurun Laweh, Kecamatan Nanggalo, Padang. Soalnya pada hari itu Keltan tanaman hias yang anggotanya umumnya para ibu rumah tangga ini dikunjungi dan sekaligus diresmikan oleh Walikota Mahyeldi.

Walaupun usia Keltan ini terbilang masih muda yakni lebih kurang 4 bulan, namun sudah mempunyai anggota 50 orang, 15 tempat pembibitan dan penjualan.

“Kemudian juga punya 2 tempat pembuatan pot serta 1 bengkel las pengolahan rak bunga,” ujar Jasrizal, yang merupakan salah seorang penggagas berdirinya Keltan tanaman hias ini

Para anggota yang berasal dari jamaah Mushalla Nurul Yakin Kelurahan Gurun Laweh Kecamatan Nanggalo ini merasa terbantu dengan terbentuknya kelompok ini, karena bisa menopang ekonomi keluarga.

Mislinda yang ditunjuk sebagai ketua kelompok, mengatakan, latar belakang didirikannya Keltan ini adalah untuk menyikapi pandemi Covid 19 yang memukul sendi-sendi ekonomi keluarga. Dengan bergabungnya mereka, sebagian sudah bisa melakukan penjualan tak hanya di Padang, namun sudah keluar provinsi.

Untuk memaksimalkan kualitas budidaya tanaman hias ini baik cara pembibitan, pemupukan dan cara penasaran diadakan pembinaan sekali seminggu di Mushalla Nurul Yakin. 

Menurut Jas (panggilan Jasrizal) yang bekerja sebagai penghulu di KUA Kuranji, mushalla ini sengaja dijadikan pusat pembinaan para anggota Keltan supaya dapat dua keuntungan yakni keuntungan dunia dan akhirat. Dengan jamaah memakmurkan masjid/ mushalla maka bisa pula jamaah makmur dibuatnya.

Masih menurut penulis buku “Persiapan Calon Pengantin” ini, Keluarga Sakinah mawadah warahmah bisa tercapai bila sejahtera lahir dan batin.

Kelompok tanaman hias yang sekarang sudah memiliki lebih 30 jenis bunga ini dan sudah dipasarkan secara online dapat binaan dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Nanggalo, Kantor Agama Urusan Agama ( KUA ) Nanggalo dan Pengurus Mushalla Nurul Yakin.

“Kedepan, kata Ketua Keltan yang diamini para anggotanya mereka berharap kepada pihak terkait untuk dapat diberi bantuan bibit berkualitas, sarana tanaman hias yang repsentatif, pembinaan anggota kelompok dalam pemanfaatan IT agar mahir bertransaksi online dan tim fasilitator dalam rangka membantu penjualan tanaman hias tersebut.

Mereka juga mengucapkan terimakasih kepada H.Rafdinal, pemilik outlet Randang Zara yang selalu memberikan dukungan baik material maupun spirit untuk kemajuan kelompok tanaman hias ini. Yang minat untuk memiliki cantiknya bunga dari “Wardah Nurul Yakin” bisa menghubungi Mislinda dengan nomor kontak Hp/WA: 081268546140.

(hijjul abdi)

Kami Hadir di Google News