Berita

Camat Pariaman Timur Tanam Bibit Durian Matahari di Desa Kaluat

80
×

Camat Pariaman Timur Tanam Bibit Durian Matahari di Desa Kaluat

Sebarkan artikel ini
Camat Pariaman Timur Tanam Bibit Durian Matahari
Camat Pariaman Timur, M. Arif Gunawan didampingi Babinsa Serda. Wendi, Kabid Pertanian Budi dan Kepala Desa Kaluat melakukan penanaman bibit durian matahari. (ist)

mjnews.id – Bibit Durian Matahari ditanam secara tumpang sari di Desa Kaluat, Kecamatan Pariaman Timur. Penanaman perdana dilakukan Camat Pariaman Timur, M.Arif Gunawan didampingi Kabid Pertanian Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Kepala Desa Kaluat dan Babinsa Koramil 01/Pariaman, Selasa (5/1/2021).

Camat Pariaman M.Arif Gunawan menjelaskan, tanaman bibit durian matahari merupakan jenis tanaman yang telah memiliki sertifikasi yang dikeluarkan oleh instansi terkait. Tanaman ini mudah tumbuh dan berkembang disela-sela tanaman lainnya.

Sementara itu, Kabid Pertanian Budi menjelaskan, tanaman bibit durian matahari ini, disamping menghasilkan buah juga dijadikan sebagai penghijauan. “Manfaat yang diperoleh, selain buahnya, juga bisa untuk penghijauan,” ucapnya.

Disebutkannya, pohon-pohon yang besar sudah banyak ditebang oleh masyarakat. Batangnya dijadikan untuk berbagai jenis kayu- kayuan, diperuntukkan sebagai bahan bangunan dan perabot.

Pemerintah Kota Pariaman melihat kondisi ini, berupaya mengajak masyarakat untuk menanam tanaman yang bernilai ekonomis, seperti bibit durian matahari. Tanaman yang telah ditanam ini supaya dipelihara dan dijaga.

Sedangkan Babinsa Koramil 01/Pariaman, Serda.Wendi menambahkan, dengan adanya tanaman bibit durian matahari ini di Desa Kaluat, maka masyarakat punya tanggungjawab bersama dalam menjaga dan memelihara. Sebab tanaman, jika tidak dipelihara dan dijaga, jangan berharap tumbuh dengan baik. Banyak hal gangguannya, diantaranya dari binatang ternak dan rerumputan liar.

(as/sul)

Kami Hadir di Google News