Berita

Program Jorong Melayani Dimulai di Nagari Pasia Laweh Agam

80
×

Program Jorong Melayani Dimulai di Nagari Pasia Laweh Agam

Sebarkan artikel ini
Program Jorong Melayani Dimulai di Nagari Pasia Laweh
Anggota DPRD Agam, Hendrizal saat meninjau Program Pelayanan Publik di jorong yang mulai dilakukan di semua jorong di Nagari Pasia Laweh Kecamatan Palupuh. (ist)

mjnews.id – Program Jorong Melayani mulai dilakukan di Nagari Pasia Laweh Kecamatan Palupuh. Walinagari Pasia Laweh Kecamatan Palupuh, Zul Arfin Dt. Perpatih, Rabu (6/1/2021) menjelaskan, program ini dilakukan dalam mempermudah masyarakat untuk mendapatkan kelengkapan administrasi diri, keluarga dan lainnya di jorong terdekat.

“Untuk saat ini Senin (4/1/2021), program tersebut dilakukan secara serentak pada 8 jorong,” katanya.

Kedelapan jorong tersebut adalah, Jorong Angge, Jorong Palimbatan, Jorong Pasa Palupuh, Jorong Sungai Guntung, Jorong Pasia Laweh dan Jorong Palupuh Jorong Aur Kuning serta Jorong Lurah Dalam.

Agenda ini dikembangkan sebagai bentuk proaktif nagari mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, mudah dijangkau dan efektif.

Inovasi publik ini dikemas dengan program jorong melayani disingkat PJM tersenyum. Bentuk fungsi yang dilakukan berupa pelayanan prima kepada masyarakat yang meliputi tiga jenis pelayanan publik yaitu, pelayanan administrasi kependudukan, pelayanan sarana prasarana atau disebut barang publik dan pelayanan aspirasi dan informasi.

“Setidaknya dalam pelaksanaan program tersebut melibatkan aparatur dan staf sebanyak 29 orang,” katanya.

Semuanya ikut mengawasi dari unsur perwakilan Bamus masing- masing jorong, pimpinan lembaga organisasi nagari dan dari unsur kecamatan (pemantau).

Pihaknya optimistis mengusung Visi Exelent Public Service: Nagari Terbaik dalam Pelayanan Secara Nasional dengan Modal “Tersenyum” Menuju Nagari Maju Berbasis Keunggulan Lokal.

Semoga hal ini terwujud dengan selalu memperbaharui semangat mewujudkan Nagari Pasia Laweh Tersenyum dan Terdepan dalam pengabdian, ramah dalam pelayanan, semarak bagarinya, nyaman alamnya untuk masyarakat yang lebih maju.

Anggota DPRD Agam asal Kecamatan Palupuh Hendrizal mendukung penuh langkah dan terobosan yang dilakukan Nagari Pasia Laweh. Karena, hal ini sangat bermanfaat dan memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan sesuai yang diharapkan.

Program ini sudah sesuai ketentuan aturan yang berlaku, berperan besar dalam mendekatkan akses pelayanan pemerintah kepada masyarakat, sehingga tidak lagi perlu mendatangi kantor nagari yang cukup jauh sebelumnya dan tentunya ikut mengurangi beban biaya bagi masyarakat.

Pihaknya sangat mendukung program dan inovasi publik yang dilakukan Nagari Pasia Laweh. “Semoga inovasi cerdas berjalan dengan baik dan lancar, dan tentunya menjadi contoh bagi nagari lainnya di Kabupaten Agam,” katanya.

(kas/ril)

Kami Hadir di Google News