Berita

Diresmikan Kakanwil, KUA Padang Panjang Timur Punya Gedung Kantor Baru

69
×

Diresmikan Kakanwil, KUA Padang Panjang Timur Punya Gedung Kantor Baru

Sebarkan artikel ini
Gusman Piliang menyerahkan piagam penghargaan kepada Walikota Fadly Amran
Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri didampingi Kakan Kemenag Padang Panjang H. Gusman Piliang menyerahkan piagam penghargaan kepada Walikota Fadly Amran, yang didampingi Ketua DPRD Mardiansyah, saat peresmian pemakaian gedung kantor KUA Padang Panjang Timur, Kamis (7/1/2021) di Koto Panjang. (ist)

mjnews.id – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), Kota Padang Panjang, kini sudah memiliki gedung kantor yang representatif. Gedung berlantai dua yang dibangun tahun 2020 lalu itu telah diresmikan pemakaiannya oleh Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri, Kamis (7/1/2021).

Turut hadir dalam kegiatan yang dirangkai dengan Tasyakuran HAB Kemenag ke-75 itu Walikota H. Fadly Amran Dt. Paduko Malano, Ketua DPRD Mardiansyah, unsur forkompinda plus, Kakankemenag H. Gusman Piliang, Ketua MUI H. Zulhamdi, para pejabat lingkup kemenag dan unsur lainnya.

Kakankemenag Gusman Piliang dalam laporannya menyebutkan, gedung kantor KUA Padang Panjang Timur yang sebelumnya di Kelurahan Ngalau tidak lagi representatif. Gedungnya kecil dan sempit, serta sering kebanjiran.

Melihat kondisi itu, pihaknya coba memperjuangkan anggaran kepada Kemenag Pusat melalui Kanwil Kemenag Sumbar untuk membangun gedung yang representatif. Pada tahun 2019 didapatkan anggaran untuk pengadaan tanah, yang akhirnya dibeli di Kelurahan Koto Panjang.

Pada tahun 2020, anggaran untuk pembangunan gedungnya pun disetujui. “Alhamdulillah, hari ini pak kakanwil meresmikan pemakaiannya. Besok bisa langsung beroperasional, karena mobiler-nya sudah ada, bahkan juga baru,” kata Gusman.

Terkait gedung lama yang merupakan wakaf itu, akan dipergunakan untuk sekretariat bersama ormas keislaman Padang Panjang Timur. Gusman juga meminta pelaksanaan screening catin dilaksanakan di gedung lama itu.

Pada tahun 2021 ini, lanjut Gusman, gedung kantor yang baru untuk KUA Padang Panjang Barat juga akan dibangun. Lantaran kesulitan mendapatkan tanah, maka dibangun di lokasi kantor saat ini. “Gedung yang ada saat ini dirobohkan dan dihapuskan sebagai aset, lalu dibangun gedung baru dua lantai,” sebutnya.

Kakanwil berharap, dengan gedung kantor yang baru dan representatif, pelayanan yang diberikan KUA Padang Panjang Timur akan lebih baik lagi. “Berikan kemudahan kepada masyarakat, jangan dipersulit. Kantornya baru, semestinya layanannya lebih baik lagi,” katanya.

Harapan yang sama disampaikan walikota maupun ketua DPRD. “Kantornya baru, semangatnya juga baru, kinerjanya harus meningkat. Berikan pelayanan prima kepada masyarakat, munculkan inovasi untuk pelayanan yang lebih baik itu,” pesan dua pimpinan itu dengan nada sama.

Kakanwil menyebutkan, sejak tahun 2017 lalu, dari 173 KUA di Sumbar, sudah 34 KUA yang punya gedung kantor baru yang representatif. Dan Padang Panjang termasuk istimewa, karena tahun 2021 ini dua KUA di kota kecil itu sudah punya gedung kantor baru.

“Kita akan terus berjuang mendapatkan anggaran untuk membangun gedung kantor KUA lainnya yang sudah tidak representatif lagi. Hal ini kita lakukan agar pelayanan di KUA semakin baik. Sebab, KUA ujung tombaknya kemenag. Baiknya KUA, baiknya kemenag. Buruknya KUA, buruknya kemenag,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Kakanwil memberikan piagam penghargaan kepada Walikota Padang Panjang yang telah memberikan banyak bantuan, baik materi maupun non materi kepada kementerian agama. Dengan bantuan dan fasilitas yang diberikan, berbagai program yang dirancang kemenag setempat berjalan dengan baik.

“Perhatian bapak walikota dan ketua DPRD bersama anggota sungguh luar biasa. Pemko dan DPRD baru saja menghibahkan tanah untuk MAN 3, sebelumnya juga sudah dihibahkan tanah untuk MAN PK di Islamic Centre, tanah untuk Kampus 2 MTsN dan berbagai bantuan lainnya. Tahun ini, kita juga dipercaya menjadi tuan rumah MTQ tingkat provinsi,” sebut Gusman Piliang.

(son)

Kami Hadir di Google News