Berita

Pemkab Pesisir Selatan Komit Optimalkan Program Kependudukan Keluarga Berencana

76
×

Pemkab Pesisir Selatan Komit Optimalkan Program Kependudukan Keluarga Berencana

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas PMDPPKB Pesisir Selatan Wendi
Kepala Dinas PMDPPKB Pesisir Selatan, Wendi.

mjnews.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pemkab Pessel) tetap berkomitmen mengoptimalkan pelaksanaan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Kependudukan (KKBPK).

“Ya, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan berkomitmen dalam melaksanakan program KKBPK dengan melibat unsur-unsur terkait,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDPPKB) Pesisir Selatan, Wendi di Painan, Senin (11/1/2021).

Ia mengungkapkan, untuk mewujudkan hal itu, maka sangat dibutuhkan kerja keras oleh berbagai pihak seperti organisasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, bidan nagari dan pihak terkait lainnya.

“Dengan dukungan pihak-pihak tersebut target kinerja dalam pengendalian pertumbuhan penduduk dan upaya peningkatan kesejahteraan keluarga dapat dicapai dan diwujudkan sebagaimana mestinya,” ucap Wendi.

Ia menjelaskan, program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan kependudukan juga terus dimaksimalkan di Pesisir Selatan seperti menekan angka kelahiran, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan lainnya.

Lebih lanjut dikatakan, program kependudukan keluarga berencana itu hendaknya dapat lebih dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat, terutama di wilayah padat penduduk, wilayah miskin, tertinggal dan terpencil.

Selanjutnya, program tersebut tidak hanya difokuskan untuk mengatasi persoalan ledakan penduduk, tapi juga memberdayakan potensi masyarakat agar berperan nyata dalam pembangunan.

“Mengingat, bidang kependudukan adalah modal dasar dan faktor dominan dalam pembangunan serta titik sentral pembangunan berkelanjutan,” ucapnya.

Dikatakan, berbagai upaya telah dilakukan dalam pengendalian angka kelahiran melalui program KB, baik melalui peran serta masyarakat melalui pendewasaan usia perkawinan maupun pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga dan peningkatan kesejahteraan keluarga, sehingga terwujud pertumbuhan penduduk yang seimbang.

Sementara itu, peserta KB baru di Kabupaten Pesisir Selatan diberikan edukasi tentang pentingnya program KB. Kemudian Pemkab Pesisir Selatan tetap berkomitmen meningkatkan program KB untuk menciptakan pertumbuhan penduduk yang seimbang, jelasnya.

“Betul, program KB merupakan salah satu fokus pembangunan bidang kependudukan di Kabupaten Pesisir Selatan. Untuk pelaksanaan program KB juga sangat dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak,” ucapnya.

(myd)

Kami Hadir di Google News